EFEKTIFITAS PEMBERIAN AIR REBUSAN PANDAN WANGI TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II DI SUNGAI PINANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMBANG

Authors

  • Siska Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ade Dita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nia Aprilla Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Diabetes mellitus, gula darah,, pandan wangi

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit kronis yang mengganggu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Diabetes mellitus ditandai dengan peningkatan kadar gula darah didalam tubuh diatas normal. Tanaman pandan wangi memiliki manfaat sebagai bahan aroma, pewarna makanan, kosmetik, tanaman hias, bahan kerajinan tangan, dan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian air rebusan daun pandan wangi terhadap kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus Tipe II di desa Sungai pinang wilayah kerja Puskesmas Tambang. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimental untuk mengetahui pengaruh air rebusan daun pandan wangi terhadap kadar gula darah penderita Diabetes Mellitus Tipe II. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 orang penderita Diabetes Mellitus Tipe II. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata kadar gula darah sebelum diberikan air rebusan daun pandan wangi  5,00 dengan rata-rata penurunan kadar gula darah 2,43 Diharapkan agar pasien dapat menggunakan pandan wangi sebagai alternatif dalam menurunkan gula darah serta tenaga kesehatan dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang manfaat pandan wangi dalam penurunan gula darah.

Downloads

Published

2022-11-29 — Updated on 2023-03-30

Versions

How to Cite

Amalia, S., Dita, A. ., & Aprilla, N. (2023). EFEKTIFITAS PEMBERIAN AIR REBUSAN PANDAN WANGI TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II DI SUNGAI PINANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMBANG . Excellent Health Journal, 1(1), 1–8. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/excellent/article/view/9459 (Original work published November 29, 2022)