LATIHAN KOSENTRASI DAN IDENTIFIKASI BAKAT SISWA PADA GURU PJOK

Authors

  • Alficandra Alficandra Universitas Islam Riau
  • Ersaliya Arezah Universitas Islam Riau
  • M. Fransazeli Makarohim Universitas Islam Riau
  • Iwan Rivaldi Universitas Islam Riau
  • Muhammad Givari Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9221

Keywords:

Latihan Konsentrasi, Identifikasi Bakat

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh mitra berkaitan dengan program pembinaan prestasi olahraga di lingkungan Dispora Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Pembinaan yang dilakukan tentunya membutuhkan banyak masukan dan penguatan dibidang pembinaan prestasi. Salah satu faktor penunjang yang diperlukan disini adalah Latihan Konsentrasi dan Identifikasi Bakat pada anak usia dini. Faktor konsentrasi adalah unsur yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan dalam penampilan seorang dan bakat merupakan suatu kelebihan berupa kemampuan yang dimiliki seseorang dalam suatu bidang, yang mana dengan bakatnya tersebut ia tidak harus belajar dan berlatih dengan keras dalam bidang tersebut seperti orang lain yang tidak memiliki bakat sepertinya. Selain itu bakat dibawa oleh seseorang sejak lahir dan baru diketahui seiring perjalanan usiany sehingga perlunya identifikasi bakat. Kegiatan dari penguatan konsep Latihan konsentrasi dan identifikasi bakat ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Pertama, tahap persiapan yaitu melakukan survei dan diskusi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, menetapkan sasaran, menyiapakan materi dan kebutuhan lainnya. Kedua, tahap pelaksanaan dengan kegiatan melakukan pre-test dan menyampaikan materi tentang latihan konsentrasi dan identifikasi bakat. Ketiga, tahap evaluasi dengan melakukan post-test dan menganalisis hasil akhir dari kegiatan Pengabdian masyarakat yang telah dilakukan. kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik dari awal sampai akhir kegiatan, peserta mengikuti dengan antusias dan aktif dalam berdiskusi dengan pemateri. Hasil akhir diperoleh ada peningkatan pemahaman peserta berkaitan dengan penerapan konsep latihan konsentrasi dan identifikasi bakat siswa dalam meningkatkan prestasi atlet.

References

Suprianto A, Lismadiana. Penggunaan motode hiphotherapi untuk meningkatkan konsentrasi saat start dalam renang. 2013;15(2):111–24.

Wilson V., Peper E, Schmid A. Training strategies for concentration. Williams J., editor. Boston: McGraw Hill; 2006.

Bompa Tudor O. Theory And Methodology of Training: The Key to Athletic Performance. Dubuque. Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company; 1990.

Moran A. Attention in sport. In: S. D. M. &. S. Hanton, ed. Advances in applied sport psychology. Routledge, editor. .Oxon; 2009.

Lavallee D, Kremer J, Moran AP., Williams M. Sport psychology: contemporarythemes. Macmillan P, editor. Hampshire; 2004.

Susanti S. Membangun Peradaban Bangsa dengan Pendidikan Karakter. Istawa J Pendidik Islam. 2016;1(2):139–59.

Syamsurrijal A. Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA Res Tought Elem Sch Islam J. 2020;1(2):1–14.

Nurmayani. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Sebagai Salah Satu Modal Membangun Karakter Bangsa. J Pengabdi Kpd Masy. 2013;19(73):99–104.

Madondo F, Tsikira J. Traditional Children’s Games: Their Relevance on Skills Development among Rural Zimbabwean Children Age 3–8 Years. J Res Child Educ. 2021;00(00):1–15.

Ahmadi A, Supriyono W. Psikologi Belajar. Cipta R, editor. Jakarta; 1991. 78 p.

M, Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta; 1997. p. 127.

Downloads

Published

2022-11-22 — Updated on 2022-12-09

Versions

How to Cite

Alficandra, A., Arezah , E. ., Makarohim , M. F. ., Rivaldi , I. ., & Givari , M. (2022). LATIHAN KOSENTRASI DAN IDENTIFIKASI BAKAT SISWA PADA GURU PJOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1888–1891. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9221 (Original work published November 22, 2022)