PERHITUNGAN HARGA JUAL POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL TAS RAJUT DI PALEMBANG

Authors

  • Helda Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara Palembang
  • Marina Malian Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara Palembang
  • Dita Marisa Putri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara Palembang
  • Andela Anggleni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Satya Negara Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8474

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Harga Jual

Abstract

Menjadi seorang ibu rumah tangga saat ini selain sibuk dengan pekerjaan di dapur namun menjadi seorang ibu rumah tangga dapat ikut serta membantu perekonomian keluarga dengan cara yang berbeda. Ada yang bekerja dalam suatu perusahaan, menjadi pegawai, berwirausaha. Menjadi seorang pengrajin sudah dapat dikatakan berwirausaha apabila sudah dapat mencapai suatu keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Demikian juga dengan mitra yang telah membuat suatu usaha tas rajutan, kemudian mengajak teman-teman untuk ikut bekerja sama membantu menyelesaikan pekerjaan sesuai pesanan itu sudah cukup baik. Namun yang dirasakan mitra sampai saat ini masih belum mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan dikarenakan dalam menentukan harga jual masih melihat kondisi pemesan. Artinya jika pemesan dari kelas menengah kebawah atau teman-teman yang sudah dianggap akrab, harga yang diberikan adalah harga modal. Namun jika yang memesan dari kalangan menengah ke atas, harga yang ditetapkan lebih mahal. Penentuan kalangan menengah ke bawah dan kalangan menengah ke atas tersebut adalah berdasarkan penglihatan yaitu dengan melihat kondisi secara kasat mata. Target yang kami harapkan dalam pengabdian kerjasama dosen dan mahasiswa ini adalah mitra dapat menentukan harga jual berdasarkan perhitungan harga pokok produksi sehingga usaha mitra akan menghasilkan keuntungan sesuai dengan biaya dan tenaga yang telah dikeluarkan. Metode pelaksanaan yang akan dilakukan adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan membantu menghitung harga pokok produksi dalam menentukan harga jual.

References

D. Hartelina, at al. (2021). “Penerapan Digital Marketing Dan Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan Bagi UMKM, Caradde,” vol. 4 No. 2, 2021.

Egas Sutipa. (2022). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produk Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pandan Laut (Studi Kasus Pada Raja Duri Di Tasikmalaya Jawa Barat). JABE (Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi), 11(01). Retrieved from https://jurnal.stas.ac.id/index.php/jabe/article/view/55

Erna Setijaningrum, Aris Armuninggar, (2016). Networking Wirausaha Melalui

Kerajinan Rajutan Kreatif Dan Pemasaran Online Bagi Mahasiswa STKIP-PGRI Kabupaten Nganjuk Dan STKIP-PGRI Kabupaten Sidoarjo, Universitas Airlangga.

Halimah, et al. (2019). Pemberdayaan Napi Perempuan Lapas Way Hui Melalui Kerajinan Rajutan dan Perhitungan Penentuan Harga Jual Produk. Aptekmas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2, Nomor 2 (2019). Hal. 1-8. https://doi.org/10.36257/apts.v2i2.1599

Kasmir, (2006). Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13. Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. (Jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mariskha. Z, et al. (2019). Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Tas Rajut Palembang. Abdimas Journal Mahakam. Vol. 3 No. 1. Hal. 31-40.

Pomantow, L. P., Tinangon, J. J., & Runtu, T. T. (2021). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada Rm. Ayam Goreng Krispy Dahar. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 843-852.

Supriyono R.A. (2011). Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. (Edisi Kedua). Yogyakarta: Erlangga.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. (Cetakan Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia. Mimbar Administrasi Fisip Untag

Semarang, 18(2), 32-45.

Downloads

Published

2022-11-07 — Updated on 2022-11-07

Versions

How to Cite

Fitriani, H., Malian, M. ., Putri, D. M. ., & Anggleni, A. (2022). PERHITUNGAN HARGA JUAL POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL TAS RAJUT DI PALEMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1672–1680. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8474