PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM

Authors

  • Kosdiana Kosdiana STMIK Jakarta STI&K
  • Munich Heindari Ekasari STMIK Jakarta STI&K
  • Desy Diana STMIK Jakarta STI&K
  • Melani Dewi Lusita STMIK Jakarta STI&K
  • Marti Riastuti STMIK Jakarta STI&K
  • Sri Mardiyati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7466

Keywords:

Teknologi Informasi, Strategi Pemasaran, Produk UMKM

Abstract

Lingkungan bisnis di Indonesia saat ini sedang tumbuh dan berkembang, khususnya bagi UMKM. Dengan mengedepankan ekonomi mikro, kecil, dan menengah, banyak masyarakat Indonesia yang menjadi pengusaha ritel yang memasarkan produknya ke orang lain. Mereka mencoba peruntungan untuk menjadi trader profit. Ada pedagang yang menjual dagangannya di warung dan ada juga yang berjualan keliling. Banyak merchant Indonesia yang tidak menggunakan IT untuk berjualan, padahal IT hanya bisa digunakan dalam genggaman, salah satunya melalui media social. Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter dapat digunakan untuk menjual produk mereka. Kegiatan pengabdian ini memberikan informasi media sosial yang komprehensif bagi para pedagang atau penggiat UMKM. Kegiatan ini juga akan memberikan strategi untuk meraih pangsa pasar media sosial. Kegiatan ini akan membantu para pelaku usaha di UMKM menjual usahanya secara online melalui media sosial.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Hasri, B., Santoso, S., & Santosa, D. (2014). Analisis pengembangan usaha mikro kecil menengah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran daerah di kabupaten Ngawi.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Poetra, R. R., & Christantyawati, N. (2017). Model AIDA: Pola penggunaan media sosial dalam meningkatkan kepuasan penjualan di Toko Online Goldies Hijab. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(1).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Rachmawati, F. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu produk usaha kecil dan menengah (UKM) pahlawan ekonomi surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ridwan, I. M. (2019). Penerapan digital marketing sebagai peningkatan pemasaran pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142.

Downloads

Published

2022-10-12 — Updated on 2022-10-12

Versions

How to Cite

Kosdiana, K., Ekasari, M. H. ., Diana, D. ., Lusita, M. D. ., Riastuti, M. ., & Mardiyati, S. . (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1317–1322. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7466