PENGUATAN KELEMBAGAAN KARANG TARUNA JATI KENONGO DESA PEPELEGI MELALUI PELATIHAN EVENT ORGANIZING DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI ORGANISASI KEPEMUDAAN DI MASYARAKAT

Authors

  • Deby Febriyan Eprilianto Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0000-0003-2917-8446
  • Meirinawati Meirinawati Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6934

Abstract

Tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu untuk meningkatkan eksistensi organisasi kepemudaan Karang Taruna Jati Kenongo Desa Pepelegi melalui pelatihan event organizing. Pentingnya kegiatan ini dilakukan mengingat pentingnya kontribusi organisasi kepemudaan desa dalam mendukung berbagai program pembangunan pemerintah desa melalui berbagai kegiatan yang dilakukan.  Metode yang digunakan dalam PKM ini yaitu melalui Focus Group Discussion, peltihan event organizing, dan pelaksanaan mini turnamen sepak bola. Hasil dari kegiatan PKM ini yaitu a) melalui kegiatan Focus Group Discussion tim PKM dapat mengidentifikasi kebutuhan dan analisis pentingnya kegiatan pelatihan event organizing dilakukan, b) pelatihan event organizing dapat meningkatkan pemahaman anggota Karang Taruna Jati Kenongo dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu kegiatan/event, dan c) pelaksanaan mini turnamen sepak bola menjadi media untuk praktik lansung bagi Karang Taruna Jati Kenongo dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya. Harapannya dengan dilakukannya kegiatan PKM ini dapat menambah wawasan dan pengalaman anggota karang taruna dalam menyusun progam kerja tahunan, sehingga kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dapat dilaksanakan sebagai bentuk eksistensisnya pada masyarakat.

References

Candra, O., Dupri, Gazali, N., Khairullazi, & Oktari, A. (2019). Community Education Engagement.

Community Education Engagement Journal, 1(1).

Darmawati, Mahfuddin, M., dan Syamjaya. (2022) Peran Organisasi Kepemudaan dalam Pembangunan Desa. Journal ILA GALIGO Public Administration Volume 5(1).

Gerald B. Lainsamputty, Lumintang, Juliana, Kawung, E. J. R. (2019). Kajian Pemuda Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat Di Desa Soakonora Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Holistik : Journal of Social and Cultur vOLUME 12(2).

Kustiyono, Dedy. (2021). Membangun Organisasi Kepemudaan. BATARA WISNU JOURNAL : Indonesian Journal of Community Service Volume 1(1).

Prafitasari, Ardina. (2016). Organisasi Kepemudaan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa Darungan Kecamatan Wlingi. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Volume 4(2).

Website Desa Pepelegi. (2021). Info Desa Pepelegi : Karang Taruna Jati Kenongo Desa Pepelegi. http://sid.sidoarjokab.go.id/Waru/Pepelegi/category/infodesa/ diakses pada 12 April 2022

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Eprilianto, D. F., Meirinawati, M., Fanida, E. H., & Oktariyanda, T. A. (2022). PENGUATAN KELEMBAGAAN KARANG TARUNA JATI KENONGO DESA PEPELEGI MELALUI PELATIHAN EVENT ORGANIZING DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI ORGANISASI KEPEMUDAAN DI MASYARAKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1581–1587. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6934