PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK AMAL BHAKTI JATIMULYO - LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Sugama Maskar Universitas Teknokrat Indonesia
  • Afrianto Afrianto Universitas Teknokrat Indonesia
  • Very Hendra Saputra Universitas Teknokrat Indonesia
  • Raras Kartika Sari Universitas Teknokrat Indonesia
  • Nyoman Gita Gayatri Universitas Teknokrat Indonesia
  • Yuli Santika Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6478

Keywords:

Matematika, Bahasa Inggris

Abstract

Sekitar 74% penduduk Indonesia merupakan pengguna internet aktif. Data tersebut menunjukkan bahwa revolusi belajar di era digital merupakan peluang yang sangat besar dengan tujuan agar siswa dapat mempunyai pengetahuan yang luas, selalu relevan, dan sesuai dengan minat dan gaya belajar siswa. Beberapa studi juga menunjukan terdapat hubungan yang erat antara kemampuan Bahasa Inggris dan Matematika. Kemampuan Bahasa Inggris memengaruhi kemampuan Matematisnya dan berkalu sebaliknya. Studi secara mendalam menemukan bahwa terdapat sub-area dalam literasi membaca yang memberikan pengaruh besar pada literasi matematika. Namun, ironisnya, Matematika dan Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang memiliki nilai rerata paling rendah, terutama di SMK Amal Bhakti, Jatimulyo Lampung Selatan. Selain itu, sekolah juga mayoritas tidak mengatikan secara langsung, baik secara teknis maupun non teknis antara literasi Matematika dan Bahasa Inggris karena dianggap merupakan literasi yang saling terpisah. Artikel ini bertujuan untuk menunjukan bahwa terdapat hubungan langsung antara kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris, terutama bahwa Pembelajran Matematikan dengan Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan matematis Siswa. Oleh karena itu, tim melakukan pelatihan di SMK Amal Bhakti Jatimulyo Lampung Selatan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Matematika sehingga secara tidak langsung kemampuan Matematis Siswa juga dapat meningkat. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa melalui pretest (sebelum pelatihan) dan posttest (setelah pelatihan). Adapun nilai pretest sebesar 39 dan nilai posttest sebesar 77 dengan nilai p-value menggunakan Uji Mann Whitney-U sebesar 0.005 < 0.05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan siswa setelah melaksanakan pelatihan penggunaan Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Matematika.

References

Admin. (2021). Warganet Meningkat, Indonesia Perlu Tingkatkan Nilai Budaya di Internet. Artikel berita. Tersedia: https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/.

Admin. (2021). Distribusi Penduduk Indonesia Per Juni 2021: Jabar Terbanyak, Kaltara Paling Sedikit. Artikel berita: Tersedia: www.dukcapil.kemendagri.go.id/

Deswita, Hera & Niati, Batdal. (2018). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Matematika Berbasis Collaborative Learning untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). 1(3), 118-126.

Hidayat, Angga, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Dasar Matematika Bahasa Inggris Sebagai Upaya dalam Menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 5.0. 1(1), 55- 62.

Pramudita, W. & Anugraheni, I. (2017). Studi Penguasaan Matematika dan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Scholaria. 1, Januari, 70-82.

Ding, H., & Homer, M. (2020). Interpreting mathematics performance in PISA: Taking account of reading performance. International Journal of Educational Research, 102, 101566.

Ajello, A. M., Caponera, E., & Palmerio, L. (2018). Italian students’ results in the PISA mathematics test: does reading competence matter?. European Journal of Psychology of Education, 33(3), 505-520.

Akbasli, S., Sahin, M., & Yaykiran, Z. (2016). The Effect of Reading Comprehension on the Performance in Science and Mathematics. Journal of Education and Practice, 7(16), 108-121.

Stoffelsma, L., & Spooren, W. (2019). The relationship between English reading proficiency and academic achievement of first-year science and mathematics students in a multilingual context. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(5), 905-922.

Maskar, S., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Clustering Subjects in Lampung Provincial National Examination of Junior High School through Maximum Spanning Tree. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4).

Maskar, S. (2020, April). Maximum Spanning Tree Graph Model: National Examination Data Analysis of Junior High School in Lampung Province. In International Conference on Science and Engineering (Vol. 3, pp. 375-378).

Downloads

Published

2022-09-08 — Updated on 2022-09-08

Versions

How to Cite

Maskar, S., Afrianto, A., Saputra, V. H. ., Sari, R. K. ., Gayatri, N. G. ., & Santika, Y. . (2022). PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK AMAL BHAKTI JATIMULYO - LAMPUNG SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1305–1311. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6478