PENINGKATAN PEMAHAMAN DIGITAL MARKETING PADA PARA PELAKU USAHA MIKRO DI KELURAHAN SIDODADI MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4958Keywords:
Digital marketing, UMKM, E-commerceAbstract
Kegiatan KKN-Tematik MBKM Kelompok 45 UPN Veteran Jawa Timur pada kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya berfokus pada skema kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Program kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan UMKM sekitar. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah diadakannya sosialisasi digital marketing bagi para pelaksana UMKM Kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya. Tujuan pelaksanaan program tersebut untuk mengembangkan UMKM pada E-commerce, supaya produk penjualan mereka lebih tersebar luas dan meningkatkan produksi penjualan produk. Disamping itu dengan beberapa program kerja pendampingan UMKM juga dapat membantu untuk mewujudkan apa yang telah dibicarakan oleh narasumber itu sendiri. Sebagian banyak masyarakat yang memiliki UMKM di wilayah kelurahan Sidodadi memiliki kendala untuk belum mengetahui bagaimana tata cara agar memasarkan usahanya di media online atau yang biasa di sebut E-commerce. Dengan adanya sosialisasi mengenai tema digital marketing dapat memberikan gambaran pada mahasiswa KKN Kelompok 45 dan juga masyarakat yang memiliki usaha untuk mengembangkan usahanya dan tidak hanya mengandalkan pasar secara langsung (berjualan didepan rumah) atau pasar tradisional saja.References
Akhmad, K. A &Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25 (1), 234-239.
Afolayan, A., Plant, E., White, G.R., Jones, P. and Beynon?Davies, P., 2015. Information technology usage in SMEs in a developing economy. Strategic Change, 24(5), pp.483-498. DOI: 10.1002/jsc.2023
Karmawan, I.G.M., Sundjaja, A.M. and Luhukay, D., 2010, June. Analisis dan Perancangan E-commerce PD. Garuda Jaya. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
Rizal, M., Mustapita, A. F., & Kartika Sari, A. F. (2020). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Febbyana Intan Gresya, Ainul Yaqin, Shofihatul Maula, Salwa Rania Jasmine, Septia Nurafifatul Jannah, Sekar Ayu Rarasati, Muhammad Rafli Maulana Badar, Rania Alifia Imawan, Adellya Tabitha Safa Marcella, Gilbert Anselmo Rajagukguk, Dewi Puspa Arum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.