LITERASI DIGITAL DAN PENYUSUNAN BUKU AJAR BERBASIS TEKNOLOGI BAGI GURU SMP MUHAMMADIYAH JONO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4878Keywords:
Digital Literacy, Textbooks, TechnologyAbstract
Penguasaan literasi digital dan kemampuan menyusun buku/bahan ajar berbasis teknologi menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh para guru di era teknologi informasi seperti saat ini. Hal tersebut perlu agar para guru mampu melaksanakan proses kegiatan pembelajaran secara lebih menarik, fleksibel, terarah, dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Hal itu pula yang seharusnya dimiliki oleh para guru di SMP Muhammadiyah Jono, Purworejo. Oleh sebab itu, Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan literasi digital serta penyusunan buku ajar berbasis teknologi bagi para guru SMP Muhammadiyah Jono, Kab. Purworejo. Pengabdian ini menggunakan perpaduan antara metode pelatihan dan metode difusi ipteks, yakni suatu kegiatan yang proses pelaksanaannya disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk menghasilkan keterampilan tertentu dan kegiatan yang tujuan akhirnya menghasilkan produk bagi kelompok sasaran/mitra. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa para guru menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi dalam usaha menguasai teknologi untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam literasi digital serta menyusun buku ajar berbasis teknologi.References
Bernadin dan Russel Gomes. (2003). Peran Penting Pelatihan. Jakarta.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan
Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas
tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.
Probosemi. (2011). Buku Prinsip Pelatihan. Jakarta.
Suherdi, Devri. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemi. Bandung.
Siagian, Lubis. (2008). Definisi Pelatihan. Jakarta.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah.
Wahab, R., & others. (2012). Reformulasi Inovasi Kurikulum: Kajian Life Skill Untuk
Mengantarkan Peserta Didik Menjadi Warga Negara Yang Sukses. Ta’dib: Jurnal
Pendidikan Islam, 17(02), 217–254.
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-07 (3)
- 2022-06-26 (2)
- 2022-06-26 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Basuki Basuki, Joko Purwanto, Dwi Jatmoko, Yuli Widiyono, Moerhadi Moerhadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.