PERAN MAHASISWA DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK-ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4877Keywords:
Pengabdian, Covid-19, Taman Belajar.Abstract
Penyabaran covid-19 telah membawa dampak bagi segala bidang tidak terkecuali bidang pendidikan, dengan adanya penyebaran covid-19 sistem pembelajaran berubah menjadi daring. Setelah sistem ini dijalankan terdapat beberapa permasalahan yang terjadi seperti minat berlajar yang mulai menurun. Awal tahun 2022 dimana kasus Covid 19 mengalami penurunan drastis. Setelah penurunan ini kebijakan pembelajaran berubah menjadi tatap muka, setelah lama menggunakan sistem daring terdapat beberapa kendala yang dialami para murid seperti mereka harus mulai beradaptasi lagi dengan sistem luring. Metode yang menurut kelompok KKN 41 UPN Vetaran Jawa Timur merupakan metode demontrasi. Bentuk kegiatan program taman belajar ini adalah mengajar di balai RT, kelompok KKN 41 menciptakan lingkungan kelas yang nyaman, memberikan hadiah, mengakrabkan diri , membuat beberapa games dan pembelajaran bertanam vertikultur.References
Asriati, Novia Aisah, Iswatun Hasanah, and Resti Fauzy. (2021). Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(12), 140-155.
Ginanjar Dhimas. 2022. " Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi: Format Pertemuan Tatap Muka Dinamis Hari Ini Mulai Kapasitas 25 Persen". https://www.jawapos.com/surabaya/21/02/2022/wali-kota-surabaya-eri-cahyadi-format-pertemuan-tatap-muka-dinamis/?amp. Diakses pada 12 juni 2022 pukul 16.43.
Koloway,Bobby Constantine. (2022). " Aturan PTM 100 Persen di Surabaya, Kantin Tutup dan Waktu Istirahat Hanya 10 Menit" https://jatim.tribunnews.com/amp/2022/01/06/aturan-ptm-100-persen-di-surabaya-kantin-tutup-dan-waktu-istirahat-hanya-10-menit?page=2 . Diakses pada 12 juni 2022 pukul 17.15.
Ramadhan, I. , Manisah, A., Agranini, D.A., Maulida, D., Sana & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2), 1783-1792.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Salsabila Mulianti, Rahma Nurkhasanah, Ni’mah Nur Aida Fitriyah, Dean Farrell Rayhan, Ade Ray Hidayat, Dewi Puspa Arum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.