This is an outdated version published on 2022-04-29. Read the most recent version.

PENYULUHAN JENIS SUMBER BELAJAR DIGITAL GURU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4214

Keywords:

Digital, Guru, Penyuluhan, Sekolah Dasar, Sumber Belajar.

Abstract

Tujuan diadakannya penyuluhan jenis sumber belajar digital guru di sekolah dasar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam mengenal dan menggunakan jenis sumber-sumber belajar digital yang bisa digunakan guru dalam mendukung pembelajarannya di kelas. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan pemberian penyuluhan mengenai bagaimana mencari dan menggunakan sumber-sumber belajar digital dimana selama ini guru hanya menggunakan sumber belajar buku cetak saja. Penyuluhan ini berisi mengenai penjelasan-penjelasan tentang bagaimana mencari sumber belajar digital dan bagaimana cara menggunakannya yang kemudian disinkronkan dengan aplikasi Mendeley. Hasil yang didapatkan dari kegiatan penyuluhan ini adalah bertambahnya pengetahuan guru mengenai jenis sumber-sumber belajar digital serta bertambahnya keterampilan guru saat mengelola sumber belajar digital tersebut kedalam aplikasi Mendeley. Selama ini guru hanya menggunakan sumber belajar buku cetak saja. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini juga didapatkan semakin banyaknya guru yang semakin peduli akan pentingnya jenis sumber belajar digital yang disinkronkan dengan aplikasi Mendeley yang dapat memberikan manfaat lebih saat guru menulis daftar pustaka pada karya ilmiahnya.

References

Arief, R., Nugroho, W., Erlina, & Himawati, D. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Online Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 53–66.

Artayasa, I., P., Muhlis, Sukarso, A., & Hadiprayitno, G. (2021). Penyuluhan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran di SMPN 3 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 111–117.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur (A. Syauqi, M., I. (ed.); Pertama). Laksita Indonesia.

Jaya, S., Handoko, P., & Suparta, W. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Masyarakat RPTRA Kelurahan Bintaro akan Manfaat dan Bahaya Teknologi Digital melalui Penyuluhan Sehat Berbasis Pendidikan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September, 1–11.

Kemdikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional (Pertama). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95–105.

Novita, N., Marhami, Sakdiah, H., & Muliani. (2021). Pengembangan Kompetensi Literasi Digital pada Guru untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–58.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57.

Sudatha, I., G., W., Parmiti, D., P., & Simamora, A., H. (2020). Pengelolaan Sumber Belajar Digital untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring. Senadimas Undiksha, 1585–1589.

Sularno, Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Penyuluhan Palawija Desa Ridan Permai untuk Ketahanan Pangan saat Pandemi Covid 19. Communnity Development Journal, 1(2), 151–156.

Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y., M. (2019). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-guru SMP di Kabupaten Subang Jawa Barat. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–58.

Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Pengaruh Asupan Nutrisi Shake Kacang Kedelai terhadap Skala Lemak Perut Guru-guru Sekolah Dasar di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1114–1124.

Witarsa, R., & Mufarizuddin. (2020). Penyuluhan Palawija Desa Ridan Permai untuk Eksistensi Keanekaragaman Hayati Sumber Pangan. Community Development Journal, 1(1), 36–40.

Witarsa, R., Mufarizuddin, & Sularno. (2021). Penyuluhan dan Musyawarah Desa Khusus Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Community Development Journal, 2(2), 410–417.

Witarsa, R., Nurmalina, & Mufarizuddin. (2021). Penyuluhan Literasi Digital Desa Ridan Permai. Community Development Journal, 2(3), 1104–1111.

Downloads

Published

2022-04-29

Versions

How to Cite

Witarsa, R. ., Nurmalina, N., & Mufarizuddin, M. (2022). PENYULUHAN JENIS SUMBER BELAJAR DIGITAL GURU DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 372–378. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4214