STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI RUMAH ASUH YABNI PADANG

Authors

  • Khairil Azmi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Andriyas Hariyandi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Usman Usman Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3933

Keywords:

Strategi, Motivasi, Rumah Asuh

Abstract

Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk menggerakkan menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Metode pengabdian yang dilakukan adalah memberikan solusi dan penyuluhan kepada anak-anak di Rumah Asuh YABNI Koto Tangah Padang tentang bagaimana meningkatkan motivasi belajar didalam situasi pandemic Covid-19 saaat ini yang masih berlangsung. Dari hasil pengabdian yang telah dilakukan di Rumah Asuh YABNI Koto Padang, didapat informasi bahwa anak anak asuh masih bersemangat didalam menuntut ilmu yang tersebar diberbagai sekolah yang ada di Kota Padang. Keberhasilan ini tidak terlepas dari bimbingan pihak Pengelola Rumah Asuh, yang menerapkan disiplin yang sangat ketat kepada setiap anak, ada waktu belajar, berolah raga, istirahat dan rekreasi. Karena situasi pandemic Covid 19 masih berlangsung sampai saat ini diharapkan pihak pengelola Rumah Asuh tetap mempertahankan kedisiplinan para anak asuhnya dan tidak lupa menerapkan protocol Kesehatan didalam pengelolaanya.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Hadi, F., Syafi'i, A., & Isgandi, Y. (2020). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru - Guru SD Al Islam Morowudi , Gresik. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 142–149.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. GEOSEE (Geography Science Education Explored Journal), 1(1), 21–30.

Utaminingsih, S., Sumanto, D., Haryanti, A., Prastini, E., & Kurniawan, F. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pademi Covid-19 Di SMP Islam Nurulhidayah Komplek Perumahan Renijaya Utama, Podok Petir, Bojongsari, Depok Tahun 2020. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–14.

Yuliasari, R., & Mulyono, S. E. (2015). Peran Pengelola Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 93–98.

Downloads

Published

2022-02-28 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Azmi, K. ., Hariyandi , A. ., & Usman , U. . (2022). STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI RUMAH ASUH YABNI PADANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 307–313. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3933 (Original work published February 28, 2022)