UPGRADING CAPABILITY UMKM BESI BEKAS MELALUI PEMBERDAYAAN MEDIA DIGITAL

Authors

  • Wimby Wandary Universitas Lambung Mangkurat
  • Hastin Umi Anisah Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Supriyanto Universitas Lambung Mangkurat
  • Imam Suharto Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37144

Keywords:

Pemasaran Digital; Pemberdayaan; Pedagang Besi Bekas; Produksi Berbasis Pesanan; Lahan Basah.

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan mendukung para pedagang besi bekas skala kecil di Kelurahan Kuin Selatan—dikenal sebagai "Kampung Besi Tua"—dengan memberdayakan media digital untuk promosi bisnis. Bisnis yang masih bersifat konvensional dan berbasis pesanan menyebabkan pendapatan yang fluktuatif. Proyek ini memperkenalkan manfaat pemasaran digital melalui pelatihan dan pembuatan akun digital yang dikelola. Efektivitas diukur dengan uji pre- dan post-test yang menunjukkan peningkatan pengetahuan signifikan. Luaran mencakup akun digital aktif, publikasi surat kabar lokal, dan artikel nasional. Keberhasilan PKM ini terlihat dari meningkatnya pengenalan Kuin Selatan sebagai destinasi usaha besi bekas.

References

Alparisi, Ikhwan, Nur Aisyah, Dahrul Siregar, and Riza Fanny Meutya. 2023. “The Influence of Family Environment and Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Behavior in MSMEs in Medan Kota District.” SIMAK 21(01):1–13. doi: 10.35129/simak.v21i01.419.

Andrian, Andrian, Efrizal Siregar, Ika Agustina, Reniwati Lubis, Khairil Anwar, Murtopo, Gunawan, and Herri Trisna Frianto. 2024. “Development Online Training Media to Improve the Digital Marketing Competence of MSME Medan.” Instal?: Jurnal Komputer 16(02):141–49. doi: 10.54209/jurnalinstall.v16i02.208.

Anisah, Hastin Umi, Isnawati, Rifqi Novriyandana, and Muchammad Yusup. 2021. “Application of Wetland-Based Entrepreneurship Orientation and Entrepreneurial Competence to Increase MSME Income in Wetlands.” Open Access Indonesia Journal of Social Sciences 4(6):551–60. doi: 10.37275/oaijss.v4i6.99.

Anisah, Hastin Umi, Wimby Wandary, and Ikhwan Faisal. 2023. “Digital Marketing Bagi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah Pada Komunitas Wirausaha Muda Banua Di Masa Pandemi.” Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) 2(3):552. doi: 10.20527/ilung.v2i3.6830.

Ernawati. 2018. “Kuin Kini Jadi Kampung Besi Bekas Terbesar Di Banjarmasin, Begini Asal Mulanya.” Banjarmasinpost.co.id. Retrieved July 29, 2024 (https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/05/14/video-kuin-kini-jadi-kampung-besi-bekas-terbesar-di-banjarmasin-begini-asal-mulanya).

Gani, Imam Prawiranegara, Radia Hafid, and Fatmawaty Damiti. 2023. “Meningkatan Kemandirian Ekonomi UMKM Melalui Digital Marketing Di Desa Tutulo Kabupaten Boalemo.” Abdimas Galuh 5(2). doi: 10.25157/ag.v5i2.11722.

Hanifawati, Tri, and Ratna Sari Listyaningrum. 2021. “Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 Melalui Penerapan Inovasi Produk Dan Pemasaran Online.” Warta LPM 24(3):412–26.

Insani, Salman Faris, Yoppi Syahrial, and Ardian Prima Putra. 2022. “Optimalisasi Aplikasi Google Maps Sebagai Alternatif Media Promosi Pada UMKM Di Shelter Taman Sriwedari.” Warta LPM 44–56. doi: 10.23917/warta.v25i1.596.

Mulyana, Agung Putra, and Muhammad Irfan. 2024. “Digital Communication in Improving Competitiveness of Productive Local MSME Businesses in New Digital Media.” International Journal of Sustainable Social Science (IJSSS) 2(2):125–32. doi: 10.59890/ijsss.v2i2.1675.

Nugroho, Heru, Sri Widaningsih, Rizza Indah Mega Mandasari, Taufan Umbara, Ade Irma Susanty, and Lina Karlina. 2024. “Digital Marketing Melalui Pembuatan Web Profile Dan Rebranding Kelompok Wanita Tani Melati Bojongmanggu.” SOROT?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):50–58. doi: 10.32699/sorot.v3i1.6523.

Pemerintah Kota Banjarmasin. 2016. “Kelurahan Kuin Selatan.” Retrieved July 28, 2024 (https://kuinselatan.banjarmasinkota.go.id/2016/11/kelurahan-kuin-selatan.html

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Wandary, W. ., Anisah, H. U. ., Supriyanto, A. ., & Suharto, I. . (2024). UPGRADING CAPABILITY UMKM BESI BEKAS MELALUI PEMBERDAYAAN MEDIA DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10657–10668. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37144