TRANSFORMASI DIGITAL ADMINISTRASI PADA DESA WISATA BOROBUDUR SEBAGAI DESTINASI WISATA MELALUI PEMANFAATAN E-GOVERNMENT

Authors

  • Dian Fithra Permana Universitas Negeri Semarang
  • Nina Oktarina Universitas Negeri Semarang
  • Angga Pandu Wijaya Universitas Negeri Semarang
  • Liza Dwi Anggraeni Universitas Negeri Semarang
  • Syaefa Habsyah Nur Maulida Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34934

Keywords:

Transformasi Digital, Desa Wisata, Borobudur, E-Government, Administrasi

Abstract

Transformasi digital di Desa Wisata Borobudur bertujuan untuk meningkatkan efisiensi administrasi, memperkuat daya saing pariwisata, dan memberdayakan masyarakat lokal. Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh masih perlunya penguatan dalam bidang administrasi bagi Desa Borobudur. Urgensi pengabdian ini adalah untuk memaksimalkan administrasi digital desa bagi masyarakat atau wisatawan yang membutuhkan layanan. Selain itu, digitalisasi yang semakin berkembang saat ini akan mempermudah desa dalam mengelola berbagai aktivitas. Metode pengabdian ini mempergunakan tujuh metode, yaitu analisis kebutuhan dan evaluasi awal, konsultasi dan kolaborasi, pengembangan prototipe, pelatihan dan kapasitasi, implementasi bertahap, monitoring dan evaluasi, dan pengembangan kapasitas berkelanjutan. Peserta kegiatan ini adalah perangkat Desa Borobudur dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan pengelolaan e-Government. Pelatihan dirancang untuk meningkatkan keterampilan dasar dan lanjutan masyarakat dan staf desa dalam menggunakan teknologi digital dan platform e-Government. Pengembangan sistem administrasi yang terintegrasi bertujuan untuk menyederhanakan proses dan meningkatkan transparansi. Selain itu, kampanye penyuluhan dilakukan dengan bahasa sederhana dan metode interaktif untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap transformasi digital. Hasil pengabdian ini dapat memperkuat pengelolaan administrasi, meningkatkan layanan kepada wisatawan, dan memperkuat posisi Desa Wisata Borobudur sebagai destinasi wisata yang kompetitif dan berkelanjutan.

References

Abdurahman, D., & Prasetyo, T. F. (2018). Analisis Dan Perancangan E-Goverment Dalam Transparansi Sistem Pemerintahan Desa. Jurnal Mnemonic, 1(2), 1-13.

Fitrianti, A. A., Cellindita, S., & Pramnesti, K. (2021). Efektivitas inovasi program smart kampung di Desa Ketapang Kabupaten Banyuwangi. Journal of Governance Innovation, 3(1), 1-17.

Bharoto, R. M. H., Lestari, A. D., & Prihatmadji, W. (2023). Penerapan Aplikasi E-Surat dalam Pengelolaan Arsip Elektronik untuk Mendukung E-Goverment pada Desa Palimanan Timur. Jurnal Ilmiah Publika, 11(1), 444-450.

Ichwanto, M. A., Isnaini, B. N., Yunita, C. T., Surur, I. F., & Devi, N. A. (2022). Perancangan Website Lokal Sebagai Evaluasi. Jurnal Graha Pengabdian, 4(3), 253-261.

Kontessa, T. K., & Sutresna, A. (2022). Pemanfaatan kekuatan media dalam pengelolaan event: studi kasus pengelolaan event borobudur marathon. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(3), 101-202.

Mariam, M., & Kudus, I. (2022). Analisis Penerapan Electronic Government (E-Gov) Di Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Neo Politea, 3(2), 39-50.

Mayasiana, N. A., Asmuni, A., Nugraha, A., & Munawaroh, L. (2023). Mendekatkan Layanan di Tingkat Desa: Transformasi Digital Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi J-Lahbako. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3711-3718.

Yuniati, N. (2023). Analisis Marketing Mix Destinasi Wisata Candi Borobudur. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 2998-3003.

Nurdiyani, Y., Ibrahim, A., Ambarita, A., & Do Abdullah, S. (2022). Membangun E-Goverment Sistem Informasi Pemerintah Desa Berbasis Web Di Pulau Maitara. IJIS-Indonesian Journal on Information System, 7(1), 49-58.

Pratiwi, E., & Muslihudin, M. (2018). Implementasi e-goverment sebagai upaya peningkatan potensi desa di desa bumirejo menggunakan web mobile. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 22-29.

Purba, D. E. R., & Simamora, J. S. (2021). Penyimpanan digital dan dokumen online berbasis teknologi informasi untuk mendukung kegiatan administrasi pemerintahan desa baja dolok kecamatan sipispis. ULEAD: Jurnal E-Pengabdian, 33-37.

Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 5(2), 139.

Watrianthos, R., Nasution, A. P., & Syaifullah, M. (2019). Model e-Government Pemerintahan Desa. Majalah Ilmiah UNIKOM, 17(1), 53-60.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Permana, D. F. ., Oktarina, N., Wijaya, A. P., Anggraeni, L. D. ., & Maulida, S. H. N. . (2024). TRANSFORMASI DIGITAL ADMINISTRASI PADA DESA WISATA BOROBUDUR SEBAGAI DESTINASI WISATA MELALUI PEMANFAATAN E-GOVERNMENT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9044–9050. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34934