STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK KAMPUNG AKRILIK MENGGUNAKAN METODE E-WOM

Authors

  • Sri Restu Ningsih Universitas Metamedia
  • Hesty Aisyah Universitas Metamedia
  • Arika Juwita Z Universitas Metamedia
  • Arif Rahman Huzaifa Universitas Metamedia
  • Harman Nasution Universitas Metamedia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34722

Keywords:

Kampung Akrilik, E-Commerce, E-Wom, Website, Digital Marketing

Abstract

Abstrak Permasalahan yang terjadi di Kampung Akrilik adalah belum adanya teknologi pemasaran untuk mempromosikan produk kerajinannya dan minimnya pengetahuan pengrajin tentang teknologi pemasaran untuk produk Kampung Akrilik. Solusi dari permasalahan yang didapat yaitu dengan memberdayakan anggota pengrajin dengan penerapan teknologi dan memberikan pelatihan dan bimbingan secara teknis kepada semua anggota dalam menggunakan digital marketing dengan aplikasi e-commerce sebagai strategi pemasaran produk., serta strategi dalam manajemen pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam pemasaran produk ini adalah metode e-WOM dengan aplikasi e-commerce. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi lima tahap, yaitu : identifikasi kebutuhan, pendampingan operasional, sosialisasi dan pelatihan teknologi kepada mitra, pengujian sistem dan tahap implementasi teknologi kepada mitra. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah berupa pemasaran produk secara digital dengan aplikasi e-commerce dalam bentuk website yang nantinya dapat memudahkan pkerajinan dalam pemasaran produk. Berdasarkan hasil kusioner yang diisi oleh para responden, didapat bahwa 89% para anggota pengrajin tidak mengetahui tentang digital marketing, 86% responden menyatakan aplikasi e-commerce sangat menarik dan dan 85% responden menyatakan bermanfaat untuk pemasaran produk dan menambah wawasan. Dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan dan penerapan aplikasi ini dapat menambah wawasan dan peningkatan pengetahuan bagi para anggota pengrajin di kampung akrilik tentang teknologi yang berhubungan dengan digital marketing.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Ningsih, S. R. ., Aisyah, H. ., Z, A. J. ., Huzaifa, A. R. ., & Nasution, H. . (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK KAMPUNG AKRILIK MENGGUNAKAN METODE E-WOM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8699–8704. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34722