PENDAMPINGAN LITERASI MENATA LINGKUNGAN SEKOLAH YANG LITERAT DAN KAYA TEKS, IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI PADA SEKOLAH DASAR DAERAH PERBATASAN

Authors

  • Siprianus Jewarut Institut Shanti Bhuana
  • Margaretha Lidya Sumarni Institut Shanti Bhuana
  • Usman Usman Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34539

Keywords:

Literasi, Siswa, Daerah Perbatasan

Abstract

Pendampingan ini  dilakukan untuk mendukung efektivitas pelaksanaan literasi pada sekolah dasar daerah perbatasan dalam hal ini pada SDN 11 Semangak, Bengkayang Kalimantan Barat. Pelaksanaan pendampingan dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dengan konsistensi pendampingan 1 kali dalam 1 minggu. Subjek dampingan tim pada saat itu berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari para siswa kelas tinggi yang antara lain, kelas 4 berjumlah 11 siswa, kelas 5 berjumlah 13 siswa dan kelas 6 berjumlah 12 Siswa. Alasan pemilihan siswa kelas tinggi adalah, karena siswa  di kelas tinggi sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang literasi, selain itu dalam proses pendampingan lebih banyak menggunakan fisik dalam menata lingkungan sekolah yang literat dan kaya akan teks-teks bacaan, maka pemilihan para siswa kelas tinggi menjadi sangat tepat. Dalam kurun waktu 3 bulan tersebut tim melakukan pendampingan pada tahap literasi pembiasaan dengan 3 tahap pendampingan diantaranya, tahap I; pembenahan perpustakaan sekolah, tahap II; pojok baca dan pohon literasi dan tahap III; pembuatan majalah dinding sekolah dan tulisan inspiratif pada lingkungan sekolah. Dengan tahapan pendampingan ini, diharapkan mampu memberi kontribusi baik pada upaya peningkatan semangat berliterasi di SDN 11 Semangak, Bengkayang Kalimantan Barat. 

References

Baroroh, A. Z. T., Yuliani, E., Arum, F., & Fuaida, E. W. (2021). Pengaruh Mading Kelas Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Pada Siswa DI MI/SD: Pengertian Mading, fungsi Mading, manfaat Mading, karakteristik Mading, langkah-langkah membuat mading. 763–774. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/407

Dewi Utama Faizah, [et.al.]. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 1st ed. In 1 (1st ed., p. 104). Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://perpusda.bantulkab.go.id/pd/1514

Latifatul Ulya, Sucipto, I. F. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7, 1112–1119. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1347

Nadia, I. S. (2014). Pengaruh Video Game Berunsur Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Remaja (Kasus Remaja di SMK Wiyata Kharisma, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. In 1. Institut Pertanian Bogor (IPB). https://www.academia.edu/120141017/Pengaruh_Video_Game_Berunsur_Kekerasan_Terhadap_Perilaku_Agresif_Remaja_Kasus_Remaja_di_SMK_Wiyata_Kharisma_Kecamatan_Kemang_Kabupaten_Bogor_

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume 1): What Students Know and Can Do. In 1 (p. 354). OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In 1. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881 -en

Perpustakaan Nasional, R. I. (2018). Panduan Pascapengatalogan Bahan Perpustakaan (1st ed.). Perpustakaan Nasional RI. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/240.pdf

Prawiradilaga, D. S., dkk. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan ELearning. Kencana Prenadema Group. https://books.google.co.id/books/about/Mozaik_Teknologi_Pendidikan.html?hl=id&id=SdxDDwAAQBAJ&redir_esc=y

Purnomo, A. R. P. (2018). Cerita Rakyat Jepang (1st ed.). Airlangga University Press.

Santoso, S. (2017). Perencanaan Dan Pembuatan Sistem Label Buku Perpustakaan Berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Jurnal Processor, 10, 348–355. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/processor/article/view/293%0A

Siprianus Jewarut, dkk. (2023). Analisis Habituasi Sanitasi Sekolah Pasca Covid 19, Adaptasi Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Sampah pada Sekolah Dasar Daerah Perbatasan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran., 4, 1305–1312. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.436

Solihin, L., Hijriani, I., Raziqiin, K., Zaenuri, M. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi (Vol. 1). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wicaksono, L. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1, 9–19. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jpp.v1i2.19211

Yuli Ayu Ashari, Fajar Setiawan, L. B. M. (2022). Peran Mahasiswa dalam Membantu Adaptasi Teknologi Terhadap Guru pada Program Kampus Mengajar 1 di SD Pelita Bangsa Surabaya. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6, 42–53. file:///C:/Users/User/Downloads/164-Article Text-555-1-10-20220204-1.pdf

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Jewarut, S. ., Sumarni, M. L. ., & Usman, U. (2024). PENDAMPINGAN LITERASI MENATA LINGKUNGAN SEKOLAH YANG LITERAT DAN KAYA TEKS, IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI PADA SEKOLAH DASAR DAERAH PERBATASAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8623–8628. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34539