PENINGKATAN LITERASI CINTA TANAH AIR BAGI SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN, SELANGOR MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.34429Keywords:
Analisis Data, Nasionalisme, Sanggar BelajarAbstract
Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) adalah lembaga pendidikan Indonesia yang berlokasi di luar negeri di bawah naungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Sekolah ini melayani anak-anak para migran Indonesia di Malaysia. Anak-anak Indonesia di Malaysia menghadapi tantangan terkait adaptasi budaya, mereka sering merasa lebih dekat dengan budaya Malaysia dan kadang ragu untuk kembali ke Indonesia. oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pendidikan karakter yang menanamkan rasa nasionalisme pada anak-anak ini. Peran guru di SIKL sangat krusial dalam membentuk karakter siswa dan mempertahankan identitas budaya Indonesia. Akan tetapi tidak banyak guru yang mampu memanfaatkan data dan informasi untuk meningkatkan proses pembelajaran. Memperhatikan situasi tersebut, Tim pengabdian melakukan kegiatan penyuluhan literasi nasionalisme dan pelatihan analisis data untuk mendukung penelitian para guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan menyatakan kepuasan terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Semarang. Kepuasan peserta juga terlihat dari hasil survei yang dilakukan setelah kegiatan. Hasil survei menunjukkan bahwa terdapat 82% peserta yang menyatakan aktif berpartisipasi selama kegiatan dan 86% peserta menyatakan bahwa mereka memahami pentingnya cinta pada tanah air dan makna dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.References
Ahsani, E. L. F., Ni’mah, N., Rifqiyani, L., Rahmawati, P., & Auliya, R. (2021). Peran Guru dalam Mempertahankan Budaya Indonesia untuk Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Jurnal Eduscience, 6(2), 71–77.
Asnawi, M., & Sesa, P. V. S. (2021). Pelatihan Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMA/SMK Di Wilayah Kabupaten Dan Kota Jayapura. The Community Engagement Journal: The Commen, 4(2), 292–298. https://doi.org/10.52062/.v4i2.2238
Christian, A. R., Fahana, J., & Rahmawan, H. (2023). Penanaman Jiwa Nasionalisme Melalui Ekonomi dan Budaya kepada Siswa Sanggar Bimbingan At-Tanzil Kampung Lindungan, Malaysia. JANITA (Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tulungagung), 3(2), 34–43.
Khoriah, S. N., Rizkia, N. M., Awwaliyah, A. F., Ramadhani, A. D., Umam, A. M., & Mubarok, H. (2021). Pembelajaran Sekolah Indonesia Luar Negeri di Tengah Pandemi Covid-19 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH). Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 129–145. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.223
Novia, H. (2020). Upaya-Upaya Diplomasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur Melalui Community Learning Center (CLC) dalam Memberikan Akses Pendidikan Bagi Anak-Anak Pekerja Migran Indonesia (PMI). Universitas Katolik Parahyangan.
Partono, P., Fitriyani, U., Alawiyah, R., Maghfiroh, A. I., & Darojah, I. (2021). Strategi Pembelajaran Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) di Era New Normal. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 75–82. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.7573
Wulandari, A. B., Risnanosanti, & Rustinar, E. (2022). Implementasi Diplomasi Pendidikan Anak Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. AMMA?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(09), 1110–1117. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M Al Haris, Fitria Fatichatul Hidayah, Arya Praditya, R.A Qonita Syalsabilla Handayani, Anis Priyanti, Salmah Salmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.