PELATIHAN PEMBUATAN DENDENG DAUN SINGKONG DI KELURAHAN AUR, KECAMATAN MEDAN MAIMUN

Authors

  • Evida Rahimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zulaili Zulaili Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Radiah Radiah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suriana Suriana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ujang Abdullah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ilfi Rahmi Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Subaktiar Subaktiar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34407

Keywords:

Daun Singkong, Dendeng Vegetarian, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun

Abstract

Dendeng pada umumnya adalah olahan makanan berbahan dasar daging sapi yang di awetkan dengan campuran bumbu-bumbu serta rempah dan dikenal memiliki rasa dan aroma yang khas serta sesuai dengan selera Masyarakat. Namun karena harga daging sapi cenderung sangat mahal, Akan sangat sulit bagi masyarakat untuk mengkonsumsinya. Tetapi ada alternatif lain untuk tetap  bisa mengkonsumsi dendeng yaitu dengan dendeng vegetarian yang berbahan dasar lebih ekonomis yaitu daun singkong. Selama ini kita hanya mengetahui bahwa daun singkong hanyalah sebagai lalapan atau dalam olahan sayur gulai bahkan dijadikan sebagai makanan ternak. Pelatihan Pembuatan dendeng daun singkong bertujuan memberikan pelatihan pembuatan dendeng vegetarian kepada Masyarakat, khususnya bagi ibu-ibu di kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun menjadi tahu cara pembuatan dendeng vegetarian yang berbahan dasar daun singkong yang selama ini kita mengetahui bahwa dendeng terbuat dari daging sapi. Dendeng daun singkong ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai produk halal, ekonomis, dan menyehatkan. Sehingga dengan adanya variasi dalam pembuatan daun singkong menjadi dendeng merupakan sebuah peluang besar untuk membuka usaha guna menambah perekonomian keluarga..

References

Henni Elfandari. (2012). Pengaruh Pemberian Berbagai Konsentrasi INDOLE-3 BUTYRIC ACID (IBA) Dan Jumlah Buku Pada Stek Terhadap Perakaran STek Batang Mini Ubikayu (Manihot esculenta Crantz) [Skripsi Sarjana, Tidak Dipublikasikan]. Universitas Lampung.

Nasution, S. W. P., Wardhani, W., & Abdullah, U. (2022). Jurnal PKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Lembaga Komunikasi Dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO), 2(3).

Reswita, R., Redi Badrudin, & Satria Putra Utama. (2023). Pelatihan Pembuatan Dendeng Dan Aneka Olahan Daun Singkong Di Desa Talang Sebaris Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10). https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i10.5185

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suprihatin, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Dendeng Daun Singkong Di Desa Cangkarman, Kecamatan Konang, Bangkalan, Madura. Jurnal Abdimas Teknik Kimia, 1(1), 27–31.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Rahimah, E. ., Zulaili , Z. ., Radiah, R., Suriana, S., Abdullah, U. ., Putri, I. R. ., & Subaktiar, S. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN DENDENG DAUN SINGKONG DI KELURAHAN AUR, KECAMATAN MEDAN MAIMUN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8489–8494. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34407