PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE EDUCATION (AIED) UNTUK PEMBUATAN BAHAN AJAR BAGI GURU-GURU SMA NEGERI 1 PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR

Authors

  • Elfia Nora Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Universitas Negeri Malang
  • I Nyoman Suputra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34398

Keywords:

Pemanfaatan, Artificial Intelligence, Education, Bahan Ajar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai tujuan: (1) Mengidentifikasi apakah guru-guru masih kurang membuat bahan ajar yang interaktif dan inovatif, serta terkini, dan (2) Mengetahui apakah Guru-guru masih kurang dalam pemanfaatan teknologi digital khususnya Artificial Intelligence Education dalam proses pembelajaran terutama terkait pembuatan bahan ajar karena kurangnya informasi dan adaptasi mengenai Artifial Intelligence Education, apa penyebabnya. Tahapan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di SMA Negeri 1 Paciran adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi Kegiatan. Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat diketahui : (1) Guru-guru masih banyak yang hanya memanfaatkan buku paket yang tersedia sebagai bahan ajar dan belum interaktif dan inovatif (2) Guru-guru selama ini masih kurang membuat bahan ajar yang interaktif dan inovatif dikarenakan masih banyak yang belum mengetahui platform dan aplikasi Artificial intelligence Education yang dapat digunakan sebagai referensi bahan ajar, serta masih jarangnya dilakukan pelatihan mengenai digitalisasi khususnya terkait Artificial Intelligence.

References

Baidoo-Anu, D., & Owusu A. L. (2023). Education in the era of generative artificial intelligence (AI): Understanding the potential benefits of ChatGPT in promoting teaching and learning (January 25). Available at SSRN 4337484.

Baker, T., Smith, L., & Anissa, N. (2019). Educ-AI-tion rebooted? Exploring the future of artificial intelligence in schools and colleges. Retrieved from https://www.nesta.org. uk/report/education-rebooted/.

Chen, X., Xie., H., & H., Wang, G.J. (2020). A multi-perspective study on artificial intelligence in education: Grant, Conferences, Journals, software tools, institutions and researches. Computer & education: Artificial Intelligence, 1, Article, 100005.

Chen, X., Zou, D., Xie, H., Cheng, G., & Liu, C. (2022). Dua Dekade Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Kontributor, Kolaborasi, Topik Penelitian, Tantangan, dan Arah Masa Depan. Teknologi & Masyarakat Pendidikan, 25(1), 28-47

Chomsin S. Widodo dan Jasmadi, Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Jakarta: Gramedia, 2008), 40.

Collins, A. & Halverson, R. (2010). The second educational revolution: rethinking education in the age of technology. Journal of Computer Assisted Learning, 26(1), 18–27.

Creemers, B., & Kyriakides, L. (2007). The dynamics of educational effectiveness: A contribution to policy, practice, and theory in contemporary schools. Routledge.

Farid, I., Reksoprodjo, A. H. S., & Suhirwan, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pertahanan Siber. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 779–788.

Hwang, G. J., Xie, H., Wah, B. W., & Gasevic, D. (2020). Vision, challenges, roles and research issues of Artificial Intelligence in Education. Computers & Education: Artificial Intelligence, 1, Article 100001. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100001

https://kejarcita.id/profile/edit, diakses 6 Agustus 2024

https://www.wolframalpha.com/, diakses 2 Agustus 2024

Kasneci, E., Sebler, K., Küchemann, S., Bannert, M., Dementieva, D., Fischer, F., & Kasneci, G. (2023). ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education. Learning and individual differences, 103, 102274. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.10227.

John McCarthy. (2007). WHAT IS ARTIFICIAL INTELLIGENCE. http://wwwformal.stanford.edu/jmc/whatisai/whatisai.html.

Roll, I., & Wylie, R. (2016). Evolution and revolution in artificial intelligence in education. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 26, 582-599. https://doi.org/10.1007/s40593-016-0110-3.

Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role Of Artificial Intelligence (Ai) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal On Education, 6(1), 750-757.

Saleh, S. M., & Sudartinah, T. (2010). Internet sebagai salah satu sumber belajar pada mata kuliah introduction to linguistics. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 5(2). 157-162. https://doi.org/10.18860/ling.v5i2.628.

Topsakal, O., & Topsakal, E. (2022). Framework for a foreign language teaching software for children utilizing AR, voicebots and ChatGPT (Large Language Models). The Journal of Cognitive Systems, 7(2), 33-38. https:// doi.org/10.52876/jcs.1227392.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Nora, E. ., Bukhori, I. ., & Suputra, I. N. . (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE EDUCATION (AIED) UNTUK PEMBUATAN BAHAN AJAR BAGI GURU-GURU SMA NEGERI 1 PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8462–8466. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34398