THE ROLE OF INNOVATIVE EDIBLE STRAW AND SPOON IN IMPROVING EATING INDEPENDENCE IN CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)

Authors

  • Mayang Ahda Fitriana STIKes Pemkab Jombang
  • Evin Febriana Alma'fiyah STIKes Pemkab Jombang
  • Felend Ika Anjani STIKes Pemkab Jombang
  • I'in Noviana STIKes Pemkab Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34284

Keywords:

Straw dan Spoon, Kemandirian Makan, Autism Spectrum Disorder (ASD)

Abstract

Autisme, atau Autism Spectrum Disorder (ASD), merupakan gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi sejumlah aspek kehidupan anak-anak, seperti kemampuan bahasa, komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Data dari UNESCO pada tahun 2011 menunjukkan bahwa prevalensi autisme di seluruh dunia adalah 6 di antara 1000 orang, menandakan bahwa autisme adalah masalah global yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak-anak dengan ASD dalam hal makan melalui inovasi seperti penggunaan Edible Straw dan Spoon yang dapat dimakan dan ramah lingkungan. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam kegiatan ini adalah dengan observasi secara langsung. Dalam hal ini, observasi secara langsung memungkinkan para peneliti untuk mengamati secara langsung perilaku makan anak-anak dengan ASD. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Edible Straw dan Spoon memberikan manfaat yang signifikan bagi anak-anak dengan ASD, baik dari segi kesehatan maupun keberlanjutan lingkungan. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam penggunaan Edible Straw dan Spoon bagi ASD, seperti kesulitan memahami fungsi alat, perubahan rutinitas, sensitivitas terhadap tekstur atau rasa, dan keterbatasan motorik. Faktor harga juga menjadi pertimbangan, karena produk ramah lingkungan biasanya lebih mahal. Namun, dengan dukungan dan bimbingan yang tepat dari orang tua, anak-anak dengan ASD dapat mengatasi tantangan ini dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Pendekatan yang holistik dan strategi yang komprehensif diperlukan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan sedotan dan sendok yang dapat dimakan dalam mendukung kemandirian makan anak-anak dengan ASD.

References

Alifia, C., & Madechan. (2017). Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Makan dengan Sendok pada Anak Autis di SLB Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 2-11.

Bourtoom, T. (2007). Effect of Some Process Parameters on The Properties of Edible Film Prepared from Starch. Department of Material Product Technology, Songkhala.

Danuatmaja, B. (2003). Terapi Autis di Rumah. Jakarta: Puspa Swara.

Gidion, H. (2020). The Importance of Measuring Fine Motor Skill in Early Children’s Education. 3rd International Conference on Vocational Higher Education (ICVHE 2018).

Habsy, B. A. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Husada, W. (2022). InSpoon (Perencanaan Pendirian Usaha Produk Sendok Makan Edible di Kota Palembang) (Doctoral dissertation, STIE Multi Data Palembang).

Laksmana, N. L. (2020). Pengaruh perbedaan proporsi tepung sorghum dan terigu terhadap karakteristik fisikokimia edible Spoon (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Lestari, I., Rosida, D. F., & Wicaksono, L. A. (2023). Kajian Kualitas Fisik Edible Straw dari Pati Ubi Jalar Kuning (Ipomea batatas L.). Jurnal Pangan dan Agroindustri, 11(2).

Pratiwi, S. E., & Sukmawati, F. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Diet Bebas Gluten/Kasein terhadap Perbaikan Gejala Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Dakwah, 13(1), 169-179.

Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Unpar Press, 1, 1-29.

Rahmawati, D. P. (2021). Pengaruh Jenis Pati dan Konsentrasi Karagenan terhadap Karakteristik Edible Straw (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik Unpas).

Romadon, Y., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Green Marketing terhadap Brand Image dan Struktur Keputusan Pembelian (Survei pada Followers Account Twitter@ PertamaxIND Pengguna Bahan Bakar Ramah lingkungan Pertamax Series). Brawijaya University.

Sholihah, U. (2016). Pembelajaran Bina Diri Mandi pada Anak Autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 5(2), 179-188.

Syarofani, M. S. (2022). Pengaruh Penambahan Konsentrasi Karagenan dan Konsentrasi Tepung Terigu terhadap Karakteristik Edible Straws Mulberry (Morus alba L.) (Disertasi Doktor, Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Fitriana, M. A., Alma’fiyah, E. F., Anjani, F. I. ., & Noviana, I. . (2024). THE ROLE OF INNOVATIVE EDIBLE STRAW AND SPOON IN IMPROVING EATING INDEPENDENCE IN CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8590–8598. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34284