PELATIHAN PENINGKATAN PERANCANGAN VIDEO KONTEN UNTUK PENGELOLAAN WISATA KAMPUNG CAPING PONTIANAK

Authors

  • Nur Afifah Universitas Tanjungpura
  • Giriati Giriati Universitas Tanjungpura
  • Ilzar Daud Universitas Tanjungpura
  • Mustarudin Mustarudin Universitas Tanjungpura
  • Anwar Azazi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34278

Keywords:

Kampung Caping, Video Konten, Pemasaran Digital

Abstract

Kampung Caping sendiri adalah suatu kawasan dengan inovasi yang menarik dengan menggabungkan unsur wisata, edukasi, dan kearifan lokal dalam satu destinasi dengan menciptakan pengalaman unik bagi pengunjung. Kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran digital yang efektif menjadi kendala yang menyebabkan kurangnya promosi dan informasi terhadap Kampung Caping, sehingga potensi wisata Kampung Caping belum dapat dimaksimalkan menyebabkan terbatasnya jumlah wisatawan yang datang ke desa wisata tersebut. Berdasarkan hal tersebut kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan sistem informasi terhadap Kampung Caping. Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis pengelola wisata Kampung Caping dalam merancang dan menghasilkan konten video yang menarik dan berkualitas dengan memberikan pemahaman yang mendalam tentang teknik-teknik perancangan video, editing, penggunaan perangkat lunak editing, dan teknologi terkait lainnya kepada para peserta. Metode proyek merupakan metode yang digunakan dalam kegiatan ini. Metode ini penting karena memungkinkan pelatih dan peserta untuk mengikuti proses yang jelas dan terarah, sehingga hasilnya lebih efektif dan efisien. Pelaksanaan proyek ini terbagi menjadi tiga tahapan utama yaitu pra-produksi, pra-produksi, produksi dan pasca-produksi. Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan peserta secara signifikan dalam merancang dan menghasilkan konten video. Melalui sesi praktik langsung, peserta mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang teknik-teknik perancangan video, editing, serta penggunaan perangkat lunak yang relevan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu menghasilkan video dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

References

Arini, K. A., & Wibisono, N. (2022). Perancangan Video Promosi sebagai Upaya untuk Meningkatkan Brand Awareness Romantic Garden Pinus di Instagram. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 13-14 Juli 2022, 13(01), 972–976.

Atiqa Nur Latifa Hanum. dkk. (2022). Menumbuhkan Kreativitas Digital Di Kampung Caping Pontianak. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 12(3), 321-329.

Aurellia, A. (2022, Juli 18). Apa Itu Implementasi? Pengertian, Tujuan, dan Contoh Penerapannya. Retrieved from detik.com : https://www.detik.com/jabar/berita/d-6185222/apa-itu-implementasi-pengertian-tujuan-dan-contoh-penerapannya

Budiman, A. (2020). Pengaruh video promosi pariwisata terhadap minat berkunjung wisatawan. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(3), 123-135.

Deni Hadiansah, R. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial Promosi Desa Wisata Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Remaja Karang Taruna Desa Cikidang Kec. Lembang Kab. Bandung Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1.

Iqbal, M. (2022, Juli 29). Konten Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, dan Etika Membuat Konten (2022). Retrieved from lindungihutan.com: https://lindungihutan.com/blog/pengertian-konten-adalah/

Karsim, K., Afifah, N., & Daud, I. (2024). Pendampingan Dan Penerapan Adaptasi Teknologi Digital Pada Guru SDS Islamiyah Pontianak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 368-373.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2023). Panduan Pembuatan Konten Video Pariwisata. https://www.kemenparekraf.go.id/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Mathory, E. A. S., & Syahna. (2022). Dampak Video Promosi Objek Wisata Pada Peningkatan Pengunjung Dewi Sri Waterpark. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 4(2), 105–119.

Putri, D. A. (2021). Strategi pemasaran digital untuk destinasi wisata berbasis komunitas. Jurnal Manajemen Pariwisata, 5(2), 87-95.

Saputra, P., Ramadhan, R., Karsim, K., Yakin, I., Mustika, U. N., Daud, I., & Afifah, N. (2024). Pengembangan Pariwisata Budaya Lokal Dengan Inovasi Dan Peningkatan Daya Tarik Wisata Di Kampung Caping. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2944-2951.

Tinalah, D. (2024). Desa Wisata Tinalah. Retrieved from dewitinalah.com: https://www.dewitinalah.com/p/desa-wisata-tinalah-merupakan-desa.html

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Afifah, N. ., Giriati, G., Daud, I. ., Mustarudin, M., & Azazi, A. . (2024). PELATIHAN PENINGKATAN PERANCANGAN VIDEO KONTEN UNTUK PENGELOLAAN WISATA KAMPUNG CAPING PONTIANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8574–8583. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34278