PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI DIGITALISASI PROGRAM BANGKIT UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH PADA KKG ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Noorhapizah Noorhapizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Diani Ayu Pratiwi Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat
  • Yogi Prihandoko Universitas Lambung Mangkurat
  • Agus Rifani Syaifuddin Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34215

Keywords:

Digitalisasi, BANGKIT, Lahan Basah

Abstract

BANGKIT merupakan program yang dirancang untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Bangkit akronim dari kata Bermoral, Agamis, Numerasi, dan Literasi, Gerakan peduli lingkungan, Kolaborasi, Informasi dan Teknologi). Pada pendampingan ini bertujuan untuk mengimplementasikan basis teknologi dalam program Bangkit melalui kegiatan pendampingan digitalisasi program BANGKIT untuk sekolah dasar dikawasan lingkungan lahan basah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital kepada sekolah-sekolah dikawasan lingkungan lahan basah. Peserta pada kegiatan ini adalah guru-guru dari beberapa sekolah yang berjumlah 50  orang. Pendampingan dilakukan selama 6 bulan yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) perencanaan , (2) workshop kurikulum merdeka, (3) workshop analisis karakter sosial, ekonomi, dan budaya pada wilayah setempat dan analisis kebutuhan program sekolah, (4) wokshop pendampingan program BANGKIT dalam digitalisasi implementasi kurikulum merdeka, (5) monitoring dam evaluasi. Hasil pendampingan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru-guru dalam kemampuan mendigitalisasikan program, dan 3 dari 5 sekolah sudah mampu menerapkan program BANGKIT dalam digital. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi kompetensi guru dalam penguasaan konsep program BANGKIT memperoleh skor 46 (katagori sangat baik), kompetensi analisis kemampuan potensi sekolah dengan skor 44 (katagori sangat baik)

References

Irawaty, I., Ningsih, A. S., Prabowo, M. S., Setyasto, N., Wardani, N. W., Munawaroha, E., ... & Lestari, E. (2023). Program Sekolah Penggerak dan Peran Guru Penggerak Berdasarkan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Yayasan Asshodiqiyah Kota Semarang:-. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 11-15.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074.

Johanes, V. E., Suroyo, S., & Budiastra, A. K. (2022). Analisis hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan literasi digital dengan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2793-2801.

Kezia, P. N. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946.

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279.

Noorhapizah N, Prihandoko Y, Pratiwi DA, Saputra MD. (2024). Effectiveness of the ‘BANGKIT’Program to Support the Implementation of ‘Merdeka’Curriculum in Primary Schools in a Wetland Environment. Journal of Education Method and Learning Strategy, 2(01):8-16

Sari, A. M., Hernanjaya, A. N., Adhantoro, M. S., & Kurniaji, G. T. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital melalui Program Ekstrakulikuler Drama berbasis Video di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 14-23.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968-1977.

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan keterampilan menulis siswa SMAN 1 Semaka melalui web sekolah. Madaniya, 2(3), 283-294.

Suyanto, U. Y., Romadhona, D., Hidayati, N., & Askhar, B. M. (2020). Pemanfaatan aplikasi digital dalam pembelajaran interaktif bagi siswa sekolah dasar di era new normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 122-128.

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis kebutuhan bahan ajar digital dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300-6306.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A. ., Agusta, A. R., Prihandoko, Y., & Syaifuddin, A. R. . (2024). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI DIGITALISASI PROGRAM BANGKIT UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH PADA KKG ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8521–8528. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34215