MESIN PENGGILING IKAN RUCAH SOLUSI PENINGKATKAN PRODUKSI KRUPUK IKAN DESA KRAMAT KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Didik Sugiono Universitas Qomaruddin
  • Novi Indah Riani Universitas Qomaruddin
  • Supardi Supardi Universitas 17 Agustus 1945
  • Aini Lostari Universitas Qomaruddin
  • Miftahul Ulum Universitas Qomaruddin
  • R.Yudi Hartono Universitas Qomaruddin
  • Muhammad Shohibu M Universitas Qomaruddin
  • Ainun Najib Universitas Qomaruddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28118

Keywords:

Motor Listrik; Gear Box; Ikan Rucah; Krupuk Ikan; Kapasitas .

Abstract

Desa Kramat merupakan desa di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik yang berada di wilayah mengare yang memilki sumber daya alam dan sumber daya manusianya, desa ini memiliki potensi UMKM yang luar biasa. Kebanyakan orang di desa bekerja sebagai nelayan, tukang kebun, dan tambak ikan. Selain itu, penduduk memiliki kelompok usaha yang menghasilkan berbagai makanan ringan dari ikan, seperti krupuk ikan. Bahan campuran krupuk adalah ikan rucah yang diperoleh dari nelayan dan panen di tambak, biasanya dibuang sebagai pakan ternak, tetapi masyarakat kreatif untuk mengolah ikan dengan digilas atau ditumbuk sampai halus dan kemudian digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan krupuk dan makanan ringan. Proses penghalusan ikan mempunyai permasalahan dikapasitas dan efisiensi waktu, kegiatan pengabdian memberikan solusi pembuatan mesin penggiling dan penghancur yang memungkinkan pengolahan ikan rucah secara cepat, lebih efisien, dan lebih produktif. Mesin ini sederhana dengan ukuran lebih kecil, dan memiliki motor bertenaga maksimum 1,5 HP. Mesin memiliki mekanisme kerja silinder yang berputar dan digerakkan oleh motor penggerak dan sistem transmisi, sehingga sangat efektif untuk menepungkan segala jenis daging ikan secara cepat dan hasil yang maksimal serta menghemat biaya pemeliharaan. Mesin penggiling daging ikan rucah mampu memproduksi 60 kg/jam, sehingga mengurangi masalah kapasitas bahan ikan rucah dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi krupuk ikan.

References

Adrie Frans Assa,dkk,(2020). "Pelatihan Pembuatan Bakso,Nugget,dan krupuk di Blok Empang,Laporan kemanjuan Pengabdian Masyarakat ,Universitas kristen Krida Wacana Jakarta

Fibrianie S, Dwi Cahyadi, Andi Farid Hidayanto E, 2018,. " Rancang Bangun mesin penggiling dan potong krupuk ikan mengunakan gear box , Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan Universitas HangTuah.

Bambang Sugiyanto1), Burhan Ibnu Mubtadi2) (2018). " Pengaruh Putaran Screw Terhadap Keluarnya Adonan Dari Nosel Mesin Pencetak Bakso,jurnal Politeknosains.

Sularso, K. (1994).,. " Dasar-Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Pradnya Paramita Jakarta.

Eko Sulistyo1*, Eko Yudo2, (2019),,. " RANCANG BANGUN MESIN PENGGILING DAGING AYAM, e-Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS), hal. 77-82.

Harwadi1,a, Aan Febriansyah1, dan Eko Sulistyo, 2019,. " Jurnal Implementasi Mesin Peniris Minyak Guna Meningkatkan Produktifitas Kualitas Dipengrajin krupuk dan Getas ikan laut di Belinyu,

Sukardi.2004,. "Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bagyo, Sucahyo, 1999. Mekanika Teknik 2, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Surakarta,.

Anson Charles Charles, Soejono Tjitro dan Stefanus Ongkodjojo, Desain Dan Pembuatan AlatPenggiling Daging Dengan Quality Function Deployment, Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 2,Desember 2006: 106-113, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri Universitas KristenPetra, Surabaya,.

Rizqi, A. W., Ma’ruf, N. A. F., Hidayatullah, M.F., Adniyah, N., & Yusrianafi, N. (2022).Perancangan Alat Penggiling Duri IkanDan Daging Ikan Dengan Motor ListrikDengan Metode Reverse Engineering,.

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Sugiono, D. ., Riani, N. I. ., Supardi, S., Lostari, A. ., Ulum, M. ., Hartono, R. ., M, M. S. ., & Najib, A. . (2024). MESIN PENGGILING IKAN RUCAH SOLUSI PENINGKATKAN PRODUKSI KRUPUK IKAN DESA KRAMAT KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4162–4167. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28118