PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK FASHION UNTUK HEWAN PELIHARAAN “ANABUL”: PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA BUNGURASIH, SIDOARJO

Authors

  • Cosmas Gatot Haryono Universitas Ciputra Surabaya
  • Patrisia Amanda Pascarina Universitas Ciputra Surabaya
  • Bernard Realino Danu Kristianto Universitas Ciputra Surabaya
  • Ciawita Atmadiratna Lautama Universitas Ciputra Surabaya
  • Dewa Made Weda Githapradana Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25553

Keywords:

Bungurasih, Baju Hewan Peliharaan, UPS, Branding, Foto Produk

Abstract

Desa Bungurasih adalah desa perbatasan Surabaya dan Sidoarjo yaitu berlokasi di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Letak desa ini sangat strategis karena berdekatan dengan Terminal terbesar di Indonesia, Terminal Purabaya (Terminal Bungurasih). Mata pencaharian dari warga Desa Bungurasih rata-rata adalah pegawai dan wirausaha. Karena aksesnya dekat dengan pabrik dan kantor, usaha yang dimiliki oleh warga kebanyakan bergerak di bidang kos-kosan, dan losmen atau hotel mini. Melihat jumlah ketimpangan yang terjadi pada persentase pekerja dan pengangguran, terdapat beberapa hal permasalahan yang mempengaruhi. Pertama, adanya berbagai macam jenis usaha yang dijalankan masyarakat Bungurasih tetapi selama ini masih didominasi oleh bisnis makanan. Ditinjau dari segi kreativitas, masyarakat cenderung menjual jenis makanan atau barang yang sama tanpa melakukan inovasi yang berbeda. Permasalahan ini memicu adanya hambatan kedua yaitu desa Bungurasih belum mampu untuk menemukan serta menonjolkan potensi yang dapat dikembangkan di dalam desa. Melalui Abdimas ini, harapannya dapat membantu UMKM di Bungurasih dalam hal digitalisasi berupa foto produk dan pelatihan penggunaan media sosial untuk mempromosikan produknya terutama produk fesyen yang diperuntukkan untuk hewan peliharaan atau “Anabul”. Luaran dari abdimas ini adalah kemampuan membuat unique selling point, perancangan branding, dan juga foto produk dan platform digital.

References

Aqlina, A. S. (2019). Perancangan Informasi Peran Hewan Peliharaan Terhadap Perkembangan Anak Melalui Media Buku Ilustrasi. Universitas Komputer Indonesia.

Desa Bungurasih. (2022). Data Pekerjaan. Retrieved September 11, 2023, from Desa Bungurasih website: http://www.bungurasih.com/index.php/id/data-desa/pekerjaan

Firliana, R., Ristyawan, A., Andriyanto, T., Daniati, E., & Wahyu Nugroho, R. (2022). Fotografi Produk Katering Kasmilah Go-Digital Marketing. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 102–114. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.87

Hartanto, L. C., Pascarina, P. A., Swastika, G. L. D., Nirwan, R. S., & Kedaton, K. R. S. (2022). PERANCANGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MEMBERDAYAKAN LSM LINGKUNGAN HIDUP. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 8(1), 65–72. https://doi.org/10.9744/share.8.1.65-72

Kotler, P., Keller, K. L., Hoon, A. S., Meng, L. S., & Tiong, T. C. (2018). Marketing Management: An Asian Perspective - 5th Edition. London: Pearson.

Krisna Aji, I. D., Wono, H. Y., Rahmawati, K. D., Dewi Swastika, G. L., Teguh, M., & Kayana, D. M. (2020). USAHA CATERING OKE LA BEB GO ONLINE. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 59–65. https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01.3252

Niu, Y., & Wang, C. L. (2016). Revised Unique Selling Proposition: Scale Development, Validation, and Application. Journal of Promotion Management, 22(6), 874–896. https://doi.org/10.1080/10496491.2016.1214209

Pascarina, P. A., & Kayana, D. M. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Sarana Branding “Smart Santri” Kampung Ndresmo Surabaya. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 32–42. https://doi.org/10.37715/calathu.v2i1.1258

Purnama, P. A., & Tahalea, S. A. (2020). PELATIHAN FOTOGRAFI PRODUK UNTUK IKLAN DI INTERNET SAAT MASA PANDEMI BERSAMA PEMUDA TEBET MELALUI DARING. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 2(2). https://doi.org/10.25105/jamin.v2i2.7455

Putra, G. N. A. A., Buda, I. K., & Payuyasa, I. N. (2022). PENERAPAN KOMPOSISI SIMETRIS DAN ASIMETRIS PADA DOKUMENTASI ACARA MISS TEEN INTERNASIONAL INDONESIA 2021. Calaccitra , 2(2), 1–8. Retrieved from https://jurnal2.isi.dps.ac.id/index.php/calaccitra

Putri, R. A., & Devita, V. D. (2021). Memiliki Hewan Peliharaan Menjadi Tren Baru Saat Pandemi di Indonesia? Retrieved January 26, 2024, from iPrice website: https://iprice.co.id/trend/insights/memiliki-hewan-peliharaan-menjadi-tren-baru-saat-pandemi-di-indonesia/

Putro, F. H. A. (2019). PELATIHAN KOMPOSISI FOTOGRAFI DALAM KONTEK KOMUNIKASI MEDIA DIGITAL. INTELEKTIVA Jurnal Ekonomi,Sosial Dan Humaniora , 1(4), 63–67

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Haryono, C. G. ., Pascarina, P. A. ., Kristianto, B. R. D. ., Lautama, C. A. ., & Githapradana, D. M. W. . (2024). PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK FASHION UNTUK HEWAN PELIHARAAN “ANABUL”: PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA BUNGURASIH, SIDOARJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1758–1766. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25553