MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA YANG BAKU UNTUK ANAK SD MELALUI AUDIO VISUAL DI PEMULUTAN”

Authors

  • Sawi Sujarwo Universitas Bina Darma
  • Kartika Kartika Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25341

Keywords:

Audio Visual , Berbahasa, Berbasis Komputer , Desa Muara Baru

Abstract

Media Audio-visual ialah media yang dapat menyalurkan materi atau berita berupa suara dan gambar. Berdasarkan pengamatan penulis dilapangan bahwa anak anak sekolah dasar yang berada di desa muara baru sangat sedikit yang mampu menggunakan bahasa indonesia ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut anak anak tersebut kurangnya berinteraksi dengan dunia luar, kurangnya pemahaman dari orang tua bahwa bahasa indonesia itu pentinssssg, anak anak tersebut belum bisa membaca sehingga mereka tidak mengetahui kosa kata bahasa indonesia yang benar , anak anak di desa muara baru kebanyakan masih malas untuk bersekolah. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas, karena itu peneliti menganalisis degan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini didesain untuk memecahkan masalah-masalah yang diaplikasikan secara langsung di dalam kelas , oleh karena itu perlu diadakan media pembelajaran audio visual untuk membantu anak anak di desa muara baru dalam meningkatkan berbahasa indonesia yang baku untuk anak sekolah dasar melalui  model pembelajaran audio visual berbasis komputer penulis berharap dengan adanya penelitian ini anak anak di desa muara baru dapat berinteraksi yang baik dengan menggunakan bahasa indonesia

References

Australia: Blackwell Publishing

Harjanto. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Jakarta: PT Indeks

Jennifer Rosholt. (2006). Celebrating The Magic Of language. Washington: Pearson Education

Komaidi, Didik & Wijayanti, Wahyu. (2001). Paduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas “Teori, Praktek dan contoh PTK”. Yogyakarta: Sabda Media

McCartney, Kathleen dkk. (2006). Language and Communicative Development.

Morrow, Lesley Mandel. (1993). Literacy Development in the Early Years. United States of America: a Division of Simon & Schuster

Nurbiana, Dhieni dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Sadiman, Arief S dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada

Smaldino, Sharon E dkk. (2011). Instructional Technologi & Media For Learning.Jakarta: Kencana

Somantri, Ating dkk. (2006). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia Bandung

Sugiyono. (2010). Penelitian Pendidikan “ Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&B”. Bandung : Alfa Beta

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press yogyakarta

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Sujarwo, S. ., & Kartika, K. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA YANG BAKU UNTUK ANAK SD MELALUI AUDIO VISUAL DI PEMULUTAN”. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1529–1533. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25341