PENDAMPINGAN PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK USIA DINI DENGAN PENERAPAN SELF-ESTEEM DI TKIT NUSANTARA BANTEN

Authors

  • Dewi Cahyaningrat STKIP Situs Banten
  • Amat Hidayat Universitas Bina Bangsa
  • Puji Yulianty Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Mahsiani Mina Laili Universitas Bina Bangsa
  • Maulina Rahayu Universitas Primagraha
  • Ahmad Mubarok Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25334

Keywords:

Bullying, Self-Esteem, Anak Usia Dini.

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan harga diri yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk mencintai dirinya sendiri dan menerima kelebihan dan kekurangannya. Namun saat ini banyak sekali kasus bullying yang dilakukan dengan sengaja untuk merugikan korbannya baik secara mental maupun fisik. Salah satu cara untuk menghilangkan bullying adalah dengan menerapkan harga diri pada anak sejak dini. Harga diri ini membantu melindungi anak dari rasa rendah diri, perasaan tidak berharga, dan kemampuan melawan ketika anak lain ingin menindasnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakankuesioner di TKIT Nusantara Banten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan self-assessment pada orang tua siswa TKIT Nusantara Banten. Hasil survei menunjukkan bahwa 91% responden setuju bahwa harga diri membawa perkembangan positif terhadap masalah bullying, dan 9% responden tidak setuju atau tidak memahami peran harga diri bagi anak..

References

Agustin, Ayu. 2022. "Implementasi Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Self-Esteem Anak Usia Dini di TKIT 1 Qubrota A'yun Ponorogo", Skripsi, Institut Agama Islam Negero Ponorogo, 2022.

Alwisol. 2014. Psikolog Kepribadian. Malang: UMM Press.

Ayuni, Daespa. 2021. "Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini", Journal Of Education Research: Vol. 2, No. 3, 2021.

Berecz, J,M. 2009. Theorities of Personality A Zonal Perspective. Boston: Pearson Education, Inc.

Boyd D. & H. Bee. 2006. Lifespan Development. Boston: Pearson Education, Inc.

Dewi, Novi Cahya. 2015. "Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini". Madinah: Jurnal Studi Islam, Vol. 2, No. 2, 2015.

Dina, L.N.A.B. 2020. "Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19," Thufuli, Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 2, No. 1, Tahun 2020.

Ezda, A.U.A. & Widya A.S. 2019. "Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Self Esteem Anak Usia Prasekolah di TK Negeri Pembina III Pekanbaru". Al-Asalmiya Nursing: Jurnal ilmu Keperawatan, Vol. 8, No. 2, 2019.

Fikriyah, Samrotul, dkk. 2022. "Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying", Jurnal Tahsinia, Vol. 3, No. 1, 2022.

Hastuti, Dwi. 2016. "Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini". Jurnal Pendidikan Sekolah dasar, Vol. 2, No. 2, 2016.

Hidayati, N. 2012. "Bullying pada Anak: Analisis dan Solusi." Jurnal Insan Media Psikologi, Vol. 12,No. 2, Tahun 2012.

Kamaruddin, Ilham. 2022. "Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini", Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Intidaiyah, Vol. 6, No. 3, 2022.

Maliki, A.E., dkk. 2009. "Bullying Problem Among School Children”. Jounal HumEcol, Vol. 25, No. 3, Hal. 209-213. Tahun 2009.

Maria, Ilga & Ria Novianti. 2017. "Pengaruh Pola Asuh dan Bullying Terhadap Harga Diri (Self Esteem)Pada Anak Kelompok B TK di Kota Pekan Baru", EDUCHILD, Vol. 6, No. 1, 2017.

Murphy, A. 2009. Character Education: Dealing with Bullying. New York: Chelsea House Publisher

Nuramini, Dinar, dkk. 2020. "Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi Mencintai Diri Sendiri Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Korban Bullying". Eproceding of Art & Design : Vol. 7, No. 2, 2020.Passer, M. & R. Smith. 2001. Psychology Fronties and Applcation. New York: MacGraw-Hill Companies

Ross, D.R. & C.A. Steward. 2011. Social Development. USA: Jhon Wiley and Sons

Salsabila, Anissa. 2020. "Perancangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Sebagai Media Pencegahan Bullying”. Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta, 2020.

Santrock, J. 2001. Child Development. New York: MacGraw-Hill Companies.

Santrock, J. 2002. Life-Span Development. New York: MacGraw-Hill Companies.

Saripah, Ipah. 2010. "Model Konseling Kognitif Perilaku Untuk Menanggulangi Bullying Siswa", Proceedings of The 4 International Conference On Theacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung Indonesia, 8-10 November 2010.

Sigalingging, O. P & Motlan Gulton. 2023. "Peranan orang tua dalam mengatasi perundungan (bullying) pada anak.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 1, No. 1, 2023.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , R dan D. Bandung: CV Alfabeta.

Suryani, Nidia & Hamidah Rahim. 2022. "Korelasi Self Esteem Dengan Tingkah Laku Sosial Serta Implikasinya pada SD Muhammadiyah IV Padang". Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 2, 2022.

Wiyani, N. 2016. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Cahyaningrat, D. ., Hidayat, A. ., Yulianty, P. ., Laili, M. M. ., Rahayu, M. ., & Mubarok, A. . (2024). PENDAMPINGAN PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK USIA DINI DENGAN PENERAPAN SELF-ESTEEM DI TKIT NUSANTARA BANTEN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1503–1510. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25334