EVALUASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN FASILITAS OLAHRAGA MILIK PEMERINTAH DI KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Dany Jireh Parluhutan Walter Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dewi Noor Azijah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indra Aditya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24031

Keywords:

Evaluasi, Olahraga, Fasilitas Olahraga

Abstract

Kabupaten Karawang yang dikenal sebagai salah satu kawasan industri modern  memiliki berbagai fasilitas olahraga yang berskala nasional. Kabupaten Karawang masih memiliki potensi yang besar dalam menambah prestasi dan perolehan medali, Kabupaten karawang menempati pringkat 10 di Pekan Olahraga Tingkat Provinsi. Maju mundurnya prestasi Karawang dan atlet-atletnya di dunia olah raga, baik lokal maupun nasional, tidak akan terlepas dari dua faktor, yaitu: pembinaan dan tersedianya fasilitas olah raga. Kondisi stagnansi pada prestasi olahraga para atlet, banyak disebabkan oleh kurangnya kondisi fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengidentifikasi fasilitas olahraga milik pemerintah daerah di Kabupaten Karawang; b) memahami pelaksanaan pengelolaan fasilitas olahraga milik pemerintah di Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang; dan c) menganalisis evaluasi pengelolaan fasilitas olahraga milik pemerintah di Kabupaten Karawang oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif berupa studi kasus pada fasilitas olahraga GOR Panatayudha dan Sport Hall Adiarsa. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan fasilitas olahraga milik Pemerintah Daerah di Kabupaten Karawang (dalam studi ini yaitu GOR Panatayudha dan Sport Hall Adiarsa), berdasarkan kriteria evaluasi kebijakan maka: a) Efektivitas, dinilai masih belum efektif; b) Efisiensi, dinilai tidak efisien; c) Kecukupan, dinilai cukup; d) Pemerataan, dinilai baik karena tidak ada kesenjangan terkait distibusi biaya dan manfaat; e) Responsivitas, kebijakan pengelolaan dinilai memberikan hasil yang kurang memuaskan; dan f) Ketepatan, kebijakan pengelolaan dinilai tepat, tetapi kurang untuk penyelesaian masalah kebersihan area fasilitas.

References

Aulia, A., & Aliasfar. (2021). Peran Sarana Prasarana Terhadap Motivasi dan Prestasi Atlet ( Studi pada Dinas Kepemudaan dan Olahaga Provinsi Riau). Jurnal Manajeman dan Bisnis Terapan.

Divayana, I. A., Semarajaya, C. G., & Mayun, I. A. (2022). Evaluasi Fasilitas Olahraga pada Lapangan Alit Saputra di Kota Tabanan. Jurnal Arsitektur Lansekap.

Dunn, W. N. (2003). PENGANTAR ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fahmi, F. C., & Pramono, M. (2019). MANAJEMAN FASILITAS OLAHRAGA DI GEDUNG SERBAGUNA DI GELANGGANG OLAHRAGA (GOR) DELTA SIDOARJO. Jurnal Kesehatan Olahraga.

Harsuki, & Elias, S. (2003). PERKEMBANGAN OLAHRAGA TERKINI (Kajian Para Pakar). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Irawan, R. (2013). STUDI KELAYAKAN FASILITAS SARPRAS OLAHRAGA FIK UNES. ejournal udiksha.

Maksum, H. (2014). OLAHRAGA, EKONOMI DAN KONSUMERISME. Jurnal Edukasi.

Mulyo , S., Kristiyanto, A., & Kiyatno. (2014). KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENYEDIAAN FASILITAS OLAHRAGA PENDIDIKAN DI SMP SE-KABUPATEN DEMAK. Indonesian Journal of Sports Science.

Nugroho, R. (2014). Kebijakan Publik di Negara-Negara Berkembang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. (2017). Keputusan Bupati Karawang Nomor: 600/Kep.878-Huk/2017 tentang Pengelolaan Gedung dan Sarana Olahraga Kabupaten Karawang Tahun Anggaran 2017. Bupati Karawang. Karawang

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. (2019). Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 7 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang. Karawang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. (2021). Peraturan Bupati Karawang Nomor 54 tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan tata Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang. Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang. Karawang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. (2021). Peraturan Bupati Karawang Nomor 56 tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan tata Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang. Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang. Karawang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. (2021). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Karawang Tahun 2021-2026. Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang. Karawang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. (n.d). Sarana Olahraga. https://www.karawangkab.go.id/sites/default/files/pdf/SARANA%20OLAH%20RAGA.pdf

Pricahyono, H. S. (n.d.). MANAJEMAN PENGELOLAAN FASILITAS OLAHRAGA MILIK PEMERINTAH KABUPATEN JEPARA TAHUN 2015. lib unnes. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Semarang.

Rarasati, B. D. (2010). KESENJANGAN ANTARA PERMINTAAN DAN PENYEDIAAN FASILITAS OLAHRAGA DI KOTA BANDUNG. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota.

Rosalia, H. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT OLAHRAGA REKREASI AKHIR PEKAN DI ALUN-ALUN KABUPATEN TEGAL . SEMARANG.

Santosa, I., Sugiyanto, & Kristiyanto, A. (2017). KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PUBLIK DI KABUPATEN KUDUS (Studi Evaluasi Tentang Perencanaan, Ketersediaan, Pemanfaatan dan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Olahraga). Media Neliti.

Setia Bakti, F. F., Tohar, I., & Faisal, M. (2018). PERANCANGAN FASILITAS OLAHRAGA REKREATIF DI SURABAYA. Repository untag sby.

Sugiono. (2015). METODE PENELITIAN KUANITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung: ALFABET.

Susanto, N., Pranoto, N. W., Iragraha, F., & Anam, K. (2022). Analisis Manajeman Fasilitas Olahraga di Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Walter, D. J. P. ., Azijah, D. N. ., & Aditya, I. (2024). EVALUASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN FASILITAS OLAHRAGA MILIK PEMERINTAH DI KABUPATEN KARAWANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1007–1021. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24031