SENAM RINGAN UNTUK SANTRI SEBAGAI BENTUK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI PP. ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23347Keywords:
Senam ringan, Perilaku Hidup Bersih dan SehatAbstract
Aktifitas santri yang padat di pondok pesantren mulai dari subuh hingga malam dapat memicu Kelelahan (fatigue) apabila tidak diikuti oleh Latihan fisik rutin yang bermanfaat dalam meningkatkan kebugaran. Kebugaran santri dapat didapatkan dari aktifitas fisik beragam, salah satunya adalah senam ringan. Sayangnya masih banyak santri yang belum mengetahui manfaat senam rutin terhadap kesehatan dan kebugaran sehingga santri cenderung terpaksa dan malas mengikuti kegiatan senam rutin. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan santri terhadap senam ringan sebagai bentuk perilaku hidup berish dan sehat di pondok pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menganalisis kuesioner. Mitra PKM adalah 50 santri dan santriwati PP. Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Kegiatan dilakukan menggunakan pendekatan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat diketahui bahwa terdapat peningkatan pengetahuan santri sebelum (3,54) dan setelah diberikan penyuluhan (4,20) dengan peningkatan signifikan p<0,001. Kesimpulan pengabdian masyarakat santri yang memahami pentingnya senam ringan dapat secara aktif dan mandiri dalam mengikuti kegiatan senam ringan yang baik untuk kebugaran.References
Al-Jamil, A. H., Sugiyanto, S., & Sugihartono, T. (2018). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Pondok Pesantren Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 118–125. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9196
Hirshkowitz, M., Whiton, K., Albert, S. M., Alessi, C., Bruni, O., DonCarlos, L., Hazen, N., Herman, J., Katz, E. S., Kheirandish-Gozal, L., Neubauer, D. N., O’Donnell, A. E., Ohayon, M., Peever, J., Rawding, R., Sachdeva, R. C., Setters, B., Vitiello, M. V., Ware, J. C., & Adams Hillard, P. J. (2015). National sleep foundation’s sleep time duration recommendations: Methodology and results summary. Sleep Health, 1(1), 40–43. https://doi.org/10.1016/j.sleh.2014.12.010
Ismail, A. W., Soetardji, & Subiyono, H. S. (2014). Motivasi Berolahraga Bagi Para Santri Pondok Pesantren Al-Ansor Semarang Tahun 2013. Journal Of Sport Sciences and Fitnes, 5(2), 104.
Jeprizen, Triansyah, A., & Haetami, M. (2019). Tingkat Motivasi Peserta Didik dalam Aktivitas Olahraga di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pontianak. Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 8(11), 1–15.
Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar.
Mubarak dkk. (2009). Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. In 2008. https://www.google.com/search?q=Mubarak+%282007%29+Promosi+Kesehatan+Sebuah+Pengamatan+Proses+Belajar+Mengajar+dalam+Pendidikan.Ekasari%2C+2008&sca_esv=557440073&rlz=1C5CHFA_enID1049ID1049&sxsrf=AB5stBjY1kONIf1OvBdCZnyoFPBr0pdyaA%3A1692189868414&ei=rMTcZJ
Nugraha, E. P., & Pudjijuniarto. (2019). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Santri Putra Umur 13-19 Tahun Di Yayasan Khadijah II Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 231–238.
P2PTM Kemenkes RI. (2018). Apa saja akibat dari kurang melakukan aktivitas fisik??
Shadrina, S. N. (2017). Hubungan aktivitas fisik dengan prestasi akademik santri pondok pesantren X di kabupaten bogor. Jurnal Kedokteran, 07(03), 57–60.
Sofiah, S., Rachmawati, K., & Setiawan, H. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kualitas Tidur pada Santriwati Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(1), 59. https://doi.org/10.20527/dk.v8i1.7255
World Health Organization. (2018). Physical activity. https://doi.org/10.1057/978-1-349-95297-7_10
Zan Mufadillah. (2013). Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Produktivitas Kerja Santri Putra Di Pondok Pesantren. Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id, 2(1), 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/viewFile/2640/1661
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diah Retno Kusumawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.