INOVASI PEMASARAN DIGITAL: MENDUKUNG UMKM DALAM MENGELOLA BISNIS SECARA EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23282Keywords:
UMKM, Pemasaran Digital, Kolaborasi, Pertumbuhan Bisnis.Abstract
Peningkatan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian lokal mendorong pentingnya inovasi pemasaran digital. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada UMKM dalam mengelola bisnis secara efektif melalui strategi pemasaran digital. Kegiatan dilaksanakan secara daring pada 11 November 2023, melibatkan 32 peserta dari kalangan dosen, mahasiswa, dan pengusaha. Penyampaian teori, studi kasus, dan workshop praktis menjadi metode utama dalam kegiatan ini. Peserta aktif terlibat dalam merancang strategi pemasaran digital yang sesuai dengan karakteristik bisnis UMKM mereka. Hasilnya mencakup peningkatan pemahaman konsep pemasaran digital, pengembangan strategi praktis, dan implementasi nyata pada beberapa UMKM yang mengalami peningkatan pendapatan. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif terhadap peserta dan UMKM yang terlibat. Implementasi strategi pemasaran digital yang tepat dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis UMKM. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengukur keberlanjutan implementasi, memperdalam analisis sektor UMKM, dan mengeksplorasi dampak kolaborasi antar peserta. Dukungan finansial dari instansi terkait membuktikan pentingnya kolaborasi untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui inovasi pemasaran digital.References
Agustin, D. M., & Munir, M. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENGURAI PESAN MORAL DALAM CERITA PADA SISWA KELAS III MI AL-FATTAH. ISPRIS: Islamic Primary School, 1(1), 40–55.
Amriana, A., Munir, M., & Cholil, C. (2021). Pengkondisian Cara Belajar Anak-Anak TK melalui Teori Belajar Sosial dengan Teknik Modelling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(2), 160–175.
Dianto, A. Y., Hendratri, B. G., Zakariya, M., & Udin, M. F. (2023). Strategi Sukses Produksi Berbasis Ekonomi Islam: Studi Kasus Produksi Nucless di PT. Persada Nawa Kartika Kertosono. Journal on Education, 6(1), 10496–10502.
Hendratri, B. G., Dianto, A. Y., Zakariya, M., & Udin, M. F. (2023). Transformasi Positif: Analisis Sistem Jual Beli Online di Anisa Online Shop Grosir Mlorah Rejoso Nganjuk dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal on Education, 5(4), 17801–17806.
Iswanto, J., Subekan, S., SaDiyah, D. F., Mastur, M., & Tohawi, A. (2023). Strategi Pemasaran yang Efektif: Meningkatkan Omzet Penjualan Roti dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Islam di Mawaddah Bakery Bandar Lor Kediri. Journal on Education, 5(4), 17807–17813.
Munir, M. (2018). PENGGUNAAN POTENSI WILAYAH PERTANIAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(2), 100–107.
Munir, M., Hamzah, H., Hakim, L., Kusnadi, I. H., & Magdalena, M. (2023). The Effectiveness Analysis of Student Creativity Increasing Program Using Grimm’s Rainbow Media. Journal on Education, 6(1), 5973–5981.
Sudirjo, F., Kalalo, R. R., Utami, E. Y., Sulastri, T., & Putra, W. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING AND INTELLECTUAL CAPITAL ON ORGANIZATIONAL PEFORWANCE WITH CONSUMEER SATISFICATION AS A MODERATING VARIABLE. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1).
Susanti, A. D., & Munir, M. (2022). IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA MI MIFTAHUL ULUM BATURETNO SINGOSARI MALANG. ISPRIS: Islamic Primary School, 1(2), 103–120.
Tohawi, A., Iswanto, J., Subekan, S., Dianto, A. Y., & Hendratri, B. G. (2023). Ritme Bisnis Digital: Dinamika Transaksi Online Jesika Shop Kebonagung Dalam Konteks Ekonomi Islam. Journal on Education, 6(1), 10490–10495.
Tohawi, A., Iswanto, J., Subekan, S., SaDiyah, D. F., & Mastur, M. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Perdagangan Bawang Merah di Pasar Sukomoro Nganjuk. Journal on Education, 5(4), 17814–17822.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wira Pramana Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.