PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MENGGERAKKAN PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23250Keywords:
Ekonomi kreatif; Pertumbuhan; Ekonomi LokalAbstract
Dalam era globalisasi, ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar penting yang mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Sektor ini memiliki peran strategis dalam memperlihatkan potensi lokal serta menciptakan peluang usaha di komunitas pedesaan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka atau Library Research. Pendekatan ini bertujuan untuk membandingkan teori-teori terkini dengan kerangka pemikiran yang ada dalam literatur penelitian sebelumnya. Berdasarkan analisis dari hasil kajian literatur dalam diskusi, dapat disimpulkan bahwa peran ekonomi kreatif bukan hanya menciptakan lapangan kerja yang signifikan, tetapi juga menjadi pendorong utama bagi inovasi dan pengembangan produk baru dalam pertumbuhan ekonomi lokal. Keberhasilan sektor ini dalam memelihara kreativitas individu memberikan dampak positif yang besar.References
Abdi, Y., Batubara, B. A., & Iskandar. (2023). Analisis Peran Ekonomi Kreatif Pengrajin Purun dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Mekar. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/istimrar/article/view/215
FaitdahN., & RohmanA. (2023). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Pendapatan Pengrajin Batik Tanjungbumi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2701-2715. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.3571
Florida, R. (2002). The Rise of the Creative Class: And How It's Transforming Work, Leisure, Community, and Everyday Life. Basic Books.
Luqma, M. L., Susilowati, D. ., & Sari, N. P. . (2023). PERAN EKONOMI KREATIF DAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3331–3339. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15245
Maulana, N., Fitri, Y., Malahayatie., & Zulfahmi (2023). IMPLEMENTASI KORPORASI, KAPASITAS DAN PEMBIAYAAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF SEBAGAI PENGGERAK PEREKONOMIAN DI ACEH. CENDEKIA NIAGA. Vol. 7, No. 2. https://doi.org/10.52391/jcn.v7i2.810
Masruroh, N., & Suprianik, S. (2023). Peran Pemerintah dalam Pengembangan Potensi Desa melalui Pendidikan Ekonomi Kreatif . Global Education Journal, 1(2), 73-85. Retrieved from http://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/136
Sulistiyo, A. (2023). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI PEMANFAATAN TALAS MENJADI PRODUK KOMODITAS LOKAL DI DESA SEBIDAI, KABUPATEN TANA TIDUNG. JPMB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo. Vol. 7, No. 2. https://doi.org/10.35334/jpmb.v7i2.4320
Pratt, A. C. (2011). The Cultural Contradictions of the Creative City. City, Culture and Society, 2(3), 123–130.
Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi kreatif pilar pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.
Rukmana, N, S., Aina, A, N., Johansyah, O, N, P., Manda, D., & Halim, D. (2023). PENGUATAN KELEMBAGAAN BUMDes: UPAYA MENINGKATKAN POTENSI EKONOMI KREATIF DI PULAU LAKKANG. Global Abdimas. Vol. 3, No. 2. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v3i2.461
Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199–216
Suryadharma, M., Asthiti, A. N. Q., Putro, A. N. S., Rukmana , A. Y., & Mesra, R. (2023). Strategi Kolaboratif dalam Mendorong Inovasi Bisnis di Industri Kreatif: Kajian Kualitatif pada Perusahaan Desain Grafis. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(03), 172–181. https://doi.org/10.58812/smb.v1i03.221
Sirait, S., Santoso, D., & Egra, S. (2019). Teknologi irigasi otomatis bertenaga surya di kelompok tani cahaya tani kecamatan tarakan utara kota tarakan. J-PEN Borneo: Jurnal Ilmu Pertanian, 2(2)
Sutrisno, A., Wahyuni, E., Jumiati, E.,Adiasti, N., Jafar, R., Savitri, D. I., & Assegaf, S. U. (2020). Pengantar Sosial Ekonomi dan Budaya Kawasan Perbatasan. Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing).
Zulgani, Zevaya, F., Umiyati, E., Parkhurst, H., & Nurjanah, R. . (2023). Pembinaan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Tanjung Lanjut Dengan Mempertahankan Kearifan Lokal Melalui Badan Usaha Milik Desa. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.53867/jpm.v3i1.72
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Klemens Mere
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.