PEMBINAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK TK DAARUL ISTIQLAL MARENDAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23247Keywords:
Matematika, Bahasa Inggris, Sekolah Taman Kanak-KanakAbstract
Pengabdian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar matematika anak taman kanak-kanak di TK Daarul Istiqlal Marendal. Siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran mata pelajaran matematika.dan Kurangnya penerapan metode pengajaran bahasa Inggris yang bervariasi membuat minat anak-anak terhadap bahasa Inggris menjadi minim. matematika dan Bahasa inggris bagi anak TK Daarul Istiqlal Marendal. Pembinaan pembelajaran matematika anak taman kanak-kanak di TK Daarul Istiqlal Marendal berisi yang sifatnya memberikan bantuan, nasihat, dorongan dan kesempatan bagi anak anak untuk termotivasi dalam belajar. Tahapan kegiatan pembinaan yang dilakukan yaitu: 1) Tahap Persiapan, 2) Tahap Pelaksanaan Pembinaan. Metode kegiatan pembinaan yang dilaksanakan yaitu: 1) Metode ceramah, 2) Metode tanya jawab, 3) Metode latihan atau praktik. Berdasarkan hasil dari kegiatan pengabdian disimpulkan bahwa: 1) Meningkatnya motivasi belajar siswa, 2) Meningkatnya kemampuan siswa dalam mencari hasil suatu penjumlahan dan penguran matematika mengunakan jarimatika. 3) meningkatkan kemampuan anak untuk mengenalkan bahasa Inggris.References
Depdiknas. 2016. Permendikbud. No. 23 Tahun 2016. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030
Dewi, Ghea Putri Fatma. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash.
Lidinillah, D. A. M. 2008. Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar Pendidikan Dasar.
Mappeasse, M. Y. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek.
Mardika, I. N. 2008. Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di SD. Tripod. Com/Multimedia. Pdf [16 Juni 2012].
Nasrun AR. 2015. Psikologi Belajar. Al–Fikrah: Julnal Kependidikan Islam2.
Sari, L. K., & Sasongko, D. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA.
Sujiono, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sujioni Yuliani, Sujiono Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Urban, M., Neogrady, P., Kello, V., & Sadlej, A. J. 1996. Motivasi. Potentials. https://doi.org/10.1016/j.jmgm.2005.11.00
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yulia Tiara Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.