PEMBERDAYAAN UMKM DALAM PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN AKSES PASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23246Keywords:
UMKM; Online; Akses PasarAbstract
Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam konteks pemasaran online menjadi sebuah kebutuhan yang penting dalam era digital saat ini. Perkembangan teknologi informasi dan internet telah mengubah secara signifikan pola bisnis, menciptakan peluang baru bagi UMKM untuk memperluas pendapatan dan jangkauan pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Pengabdian kepada Masyarakat yang fokus pada pemberdayaan UMKM melalui strategi pemasaran online, bertujuan meningkatkan pendapatan mereka serta memperluas akses ke pasar. Metode penelitian yang diadopsi dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur atau Library Research. Sumber literatur yang diacu terdiri dari hasil Pengabdian kepada Masyarakat serta tinjauan dari artikel ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional yang relevan dengan tema yang sedang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan UMKM melalui pemasaran online merupakan strategi yang sangat efektif dalam meningkatkan pendapatan dan memperluas akses pasar. Dengan memanfaatkan platform digital, UMKM dapat mengatasi kendala geografis dan mencapai pangsa pasar yang lebih luas, baik secara nasional maupun internasional.References
Akbar, M. A. (2020). ECOMMERCE -Dasar Teori Bisnis Digital. 1
Budiwitjacksono, G, S., Rachman, A. P., Yulianti, A, K., Putri, D, A., Putra, Arhofa, G, A., Zumarnis, H., Dewi, I, L., Cahyani, M, I., Putri, N, S., & Rukmana, S. (2022). PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN UMKM DI KELURAHAN BONGKARAN. ABDIMAS PATIKALA: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 4. https://etdci.org/journal/patikala/article/view/463
Dewi, L. S., & Asep Saeful Falah. (2023). SEMINAR DIGITAL MARKETING DAN IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN BAGI PELAKU UMKM DI DESA SUKANAGARA KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN CIAMIS. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 2(11), 2327–2332. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/6926
Diyah Santi Hariyani, Kristiani Agustiningsih, Sri Wahyuni, Aktri Phonistyawati, Indah Dwi Jayanti, Santy Mei Rahmawati, Chrisna Dwiantono Fadhillah, Satriyo Ageng Prabowo, Asri Manunggal, & Satria Ari Pradana. (2023). Promosi dan Pengembangan Strategi Pemasaran Online UMKM di Era Digital Kelurahan Madiun Lor Kota Madiun. JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 3(2), 50-58. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v3i2.811
Fauzan, I. ., Sunarso, S., Mulyanto, T. ., Bilyastuti, M. P. ., & Sahuti, A. K. . (2023). PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PENGUATAN PEMASARAN DI KELURAHAN TAMBAKBAYAN KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10744–10751. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21749
Hartana. (2022). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Vol. 10, No. 3. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.50585
Julisar, & Miranda, E. 2013. Pemakaian ECommerce Untuk Usaha Kecil Dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. ComTech, 4(2), 638–645
Khan, F and Siddiqui. 2013. The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan, Journal of Information Sytems and Operations Management, pp. 1-8
Kannan, P. K. and Hongshuang, L. 2017. Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, vol. 34, no. 1, pp. 22-45, 2017.
Kurniati., Daryyl., & Nicholas. (2021). PEMBERDAYAAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MELALUI PEMASARAN ONLINE. Prosiding Seri Seminar Nasional. Vol. 1, No. 1. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/17693
Lara, C. 2020. Top Digital Marketing Trends for 2020 and 2021, 14 October 2020. Hal 123-130 [Online]. Available: https://www.theedigital.com/bl og/digital-marketing-trends.
Nugraha, S., & Nuraeni, D. (2021). Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce. Journal Civics & Social Studies, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i2.1474
Ramadhan, M. I. P., Arrobi, J., & Putri, S. N. (2023). Strategi Pemberdayaan UMKM Melalui Penerapan Metode Branding dan Pemasaran Online Upaya Meningkatkan Pendapatan di Desa Cikembang. Easta Journal of Innovative Community Services, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.58812/ejincs.v2i01.155
Rosadi, A., Marwiji, M. H., & Supiyandi, D. (2022). Peningkatan Pendapatan Umkm Masyarakat Desa Dengan Menerapkan Metode Branding Dan Pemasaran Melalui Media Sosial Masa Pandemi Covid-19. Pastabiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.56223/pastabiq.v1i1.2
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117 - 127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Widiastuti, T., Widayat, G, M., Kharisma, D., Prasetyani, E, T., & Fatkhur, D, F, I. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI KELURAHAN MLATIBARU SEMARANG. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4, No. 1. http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3261
Wahyuni, E. D. ., Febryan, I. ., Oktaviani, D. ., Putra, A. ., Pradana, R. ., Aulia, A., Rahmayanti, V. ., & Regata, D. . (2023). PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 467–474. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12207
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Upik Djaniar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.