PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA BUMDES PARAMAYASA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN

Authors

  • Budi Rahayu Universitas Kadiri
  • Teguh Basuki Universitas Kadiri
  • Untung Susilo Universitas Kadiri
  • Dinar Rika Septyaningtyas Universitas Kadiri
  • Siti Alfiah Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23098

Keywords:

Digital Marketing, Perilaku Konsumen, BUMDES

Abstract

Digital Marketing berdampak pada terjadinya perubahan pola konsumsi masyarakat khususnya untuk konsumsi produk- produk dari yang biasanya berbelanja offline di toko, gerai, supermarket atau mall sebagian konsumen beralih ke belanja online. Merespon fenomena tersebut, pebisnis perlu segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan menyesuaikan dengan perubahan perilaku berbelanja masyarakat Indonesia, yaitu dengan merubah sistem pemasaran dari pemasaran offline menuju digital marketing atau kombinasi offline dan online. Beberapa tujuan dalam kegiatan PKM ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia dalam digital marketing, 2) memiliki akun marketplace yang dapat digunakan untuk menjalankan digital marketing, 3) Bagi dosen dan mahasiswa, yaitu mendapatkan data dan informasi terkini penerapan ilmu manajemen sumber daya manusia, pemasaran dan pengetahuan dan teknologi di masyarakat dalam rangka pengkajian ilmiah dan pengembangan ilmu pengetahuan. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri empat tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan (survei, penyampaian materi, diskusi dan pelatihan, pendampingan demonstrasi lapangan) dan monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini masyarakat mitra mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital marketing dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen dengan baik dan efisien sehingga BUMDES Paramayasa mencapai keberlanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

References

Arsanti, M., Puspita Wardani, O., Chamalah, E., Azizah, A., Nisfi Setiana, L., & Islam Sultan Agung, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Iklan Pada Media Digital E-Commerce Sebagai Strategi Marketing Para Pelaku Umkm Biyunge Di Desa Panusupan Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2). https://panusupan.desa.id/?p=227

Dessler, Gary, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi 10. Penerbit PT Indeks, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Rosalina, V. (2022). Sharing Knowledge Pentingnya Digitalisasi Customer Relationship Management Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Vol. 1, Issue 1).

Taufiqurrochman, Putra, D. F. D., Sari, J., & Syahrial, R. (2023). Pelatihan Pengembangan UMKM Di Masa Pandemi Dengan Optimalisasi Penggunaan Media Sosial.

Widyastuti, T., Utama, N. A., & Dewi, S. S. (2022). Peningkatan Branding Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.44.64

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Rahayu, B. ., Basuki, T. ., Susilo, U. ., Septyaningtyas, D. R. ., & Alfiah, S. . (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA BUMDES PARAMAYASA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12285–12287. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23098