STIMULASI PEMBELAJARAN DI RA MAMBAUL HUDA BULUREJO DENGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ALAM DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG ANAKNYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22691Keywords:
Anak, Outbound, MewarnaiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah stimulasi pembelajaran di ra mambaul huda bulurejo dengan media interaktif berbasis alam dan peran orang tua dalam mendukung anaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan subjek penelitian terdiri dari 25 anak kelompok A dan B, 25 orang tua wali murid, guru, dan pendukung berjumlah 5 orang. Data dikumpulkan melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan mewarnai dan out bound pada anak usia dini di RA Mambaul Huda Bulurejo berjalan dengan baik. Proses penerapan permainan media interaktif berbasis alam dan peran orang tua dalam mendukung anaknya dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Ada beberapa jenis permainan yang diterapkan setelah kegiatan mewarnai bersama orang tua, yaitu permainan merayap, melompat, zig zag, serta melewati jaring laba-laba. Permainan tersebut bertujuan untuk menerapkan keterampilan motorik anak, meningkatkan kebugaran jasmani anak, meningkatkan kemandirian anak, meningkatkan rasa percaya diri anak, meningkatkan kemampuan anak untuk bekerja sama dan berkelompok, serta meningkatkan kreativitas anak.References
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421.
Kartika Sari, Y. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini. (Master's Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Lubis, H. Z., Fadila, R., Daulay, M. M. F., & Fadhillah, N. (2022). Stimulasi Kegiatan Mewarnai untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PEMA Tarbiyah, 1(1), 11-19.
Novrinda, N. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini. Potensia: Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 6(1), 1-10.
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah di TK Khalifah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), 205-218.
Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua Pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 37-57.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 482-490.
Rompas, Y. (2018). Hubungan Peran Orang Tua dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Sekolah di SD Inpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan.
Samik, S., & Rohita, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Outbound Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Umi Qolbu. Paud Teratai, 3(3), 1-7.
Sarifah, S., Agusriani, A., & Tahir, M. Y. (2023). P PENERAPAN METODE OUTBOUND TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK PADA PAUD INSAN RABBANI. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 281-291.
Sobah, A., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Outbound Anak Usia Dini Di TK Roudlotul Ilmi Jatibarang Brebes. Jurnal Pendidikan, 31(1), 37-44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moh. Fahmi Ferdiansyah, Yuniar Alam, Putri Ana Sari, Ahmad Angga Adi Saputro, Nola Pitaloka, Ahmad Alwi Pratama, Rica Fatimatuz Zahrok, Putri Essa Dianti, Hendi Nanda Nur Rif’an; Putri Suprihatin; Naila Azka Khudzaifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.