DIVERSIFIKASI PRODUK JAMUR TIRAM (PLEUROTUS OSTREATUS): KREATIVITAS DALAM MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH DAN PELUANG BISNIS PRODUK PERTANIAN

Authors

  • Sumartan Sumartan Universitas Ichsan Sidenreng Rappang
  • Nur Rahmah Wahyuddin Universitas Ichsan Sidenreng Rappang
  • Azwar Azwar Universitas Ichsan Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21955

Keywords:

Diversifikasi Produk; Nilai Tambah; Peluang Bisnis; Jamur Tiram

Abstract

Artikel ini membahas tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Tasiwalie Kabupaten Pinrang yang dilakukan oleh Tim Dosen dan Mahasiswa Universitas Ichsan Sidenreng Rappang (Unisan Sidrap) dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Fokus kegiatan ini adalah peningkatan nilai tambah produk jamur tiram putih melalui strategi diversifikasi produk. Pendekatan yang dilakukan melibatkan kelompok pengolah jamur tiram, dengan penekanan pada penentuan menu, penyediaan alat dan bahan, serta praktik pembuatan produk olahan yang menghadirkan beragam rasa. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, kegiatan dilakukan dengan pendekatan partisipatif, dengan melibatkan kegiatan kelompok pengolah jamur tiram pada setiap tahapan proses diversifikasi produk. Metode yang digunakan antara lain menentukan menu yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar, menyiapkan peralatan dan bahan yang optimal, serta menerapkan praktik pembuatan produk olahan dengan variasi rasa yang menarik. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak positif, baik dalam meningkatkan nilai penjualan produk maupun menciptakan identitas produk yang kuat. Dengan menerapkan diversifikasi produk jamur tiram putih, artikel ini menguraikan langkah-langkah praktis yang dilakukan selama kegiatan pengabdian, serta membahas implikasi bisnis dan potensi yang dihasilkan dari strategi tersebut. Secara keseluruhan, kegiatan ini menciptakan model pemberdayaan masyarakat berkelanjutan melalui inovasi pengolahan produk jamur tiram putih.

References

Cahyadi (2014). Manajemen Manajerial Agribisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Candra (2018). Manajemen Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Dane, N. (2013). Analisis Pengaruh Biaya Promosi terhadap Nilai Penjualan Produk pada UD. Kopi Bali Banyuatis, Singaraja. 1 (1):1-15.

Hermawan, L. (2015). Dilema Diversifikasi Produk: Meningkatkan Pendapatan atau Menimbulkan Kanibalisme Produk? Competence: Journal of Management Studies. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo. 9 (2): 143.

Keller, K.L. (2003). Brand Synthesis: The Multidimensionity of Brand Knowledge. Journal of Consumer Research.

Purbaningsih, Y., Irsan Rahman, Neks Triani, Syahdar Baba, Andi Dagong, M.I., Hasrin, Zulkhar Naim, Aulia Uswa Noor Khasanah, Arizal Hatam, Muhammad Rizal, Gustia, Rahmat Ari. F, Ikra, Aminah Sagista and La Sisi (2023). Model Pengembangan Usaha pada Pemberdayaan Masyarakat Pengolah Gula Aren melalui Diversifikasi Produk Olahan Gula Aren di Desa Lamondape Kecamatan Polinggona Kabupaten Kolaka. Jurnal Abditani. 6, 2 (Oct. 2023), 166-171. DOI:https://doi.org/10.31970/abditani.v6i2.292.

Sari, I. P., dan Zuber, A. (2020). Kearifan Lokal dalam Membangun Ketahanan Pangan Petani. Journal of Development and Social Change, 3 (2), 25.

Susanto, T. dan Saneto, B. (1994). Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Bina Ilmu. Surabaya.

Syamsuri, S., dan Alang, H. (2021). Inventarisasi Zingiberaceae yang Bernilai Ekonomi (Etnomedisin, Etnokosmetik dan Etnofood) di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Agro Bali: Agricultural Journal, 4(2), 219–229

Syamsuri et al. (2022). Peluang Wirausaha Diversifikasi Olahan Pangan Tradisional Berbasis Kearifan Lokal oleh Suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Indonesia. Agro Bali: Agricultural Journal, 5(2), 313–321.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Sumartan, S., Wahyuddin, N. R. ., & Azwar, A. (2023). DIVERSIFIKASI PRODUK JAMUR TIRAM (PLEUROTUS OSTREATUS): KREATIVITAS DALAM MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH DAN PELUANG BISNIS PRODUK PERTANIAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11912–11918. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21955