PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA BAGI GURU SD PONDOK KASIH BATAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21106Keywords:
Pelatihan, Aplikasi Canva, GuruAbstract
Teknologi menjadi kebutuhan utama dalam dunia pendidikan saat ini karena mampu memproduksi banyak aplikasi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran digital. Salah satunya adalah aplikasi Canva yang dapat digunakan untuk merancang tampilan pembelajaran atau bahan ajar sebagai media visual dalam proses belajar mengajar. Adapaun Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode survei kualitatif yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu; Pertama Perancangan, dimana tim PkM meninjau lokasi kegiatan untuk memperoleh informasi valid berdasarkan kebutuhan mitra. Kedua Melaksanakan yaitu tim pengabdian kepada masyarakat melakukan pelatihan kepada guru SD Pondok Kasih Batam tentang cara mengelola aplikasi Canva agar materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariasi dalam proses belajar mengajar. dan yang terakhir melakukan evaluasi dengan membagikan formulir kepada peserta untuk diisi sebagai data dan tolak ukur keberhasilan kegiatan PkM yang telah dilaksanakan. Hasil dari kegiatan ini adalah guru memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang media pembelajaran khususnya pada aplikasi Canva, kemudian guru mampu merancang materi atau membuat bahan ajar menjadi lebih menarik, mudah dipahami dan menyenangkan.References
Abdul, w. (2018). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkanprestasi belajar. Istiqra, 5(2), 173–179.
Elisa, e., & simanjuntak, p. (2021). Pelatihan pemanfaatan aplikasi canva online untuk kreasi pembelajaran pada himpaudi batam center. Jurnal padi …, 4(november), 15–19. Http://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/jpadi/article/view/266%0ahttps://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/jpadi/article/download/266/201
Gulo, m., & tafonao, t. (2023). Guru dan peserta didik: evaluasi diagnostik dalam penerapan metode ceramah. 2(april 2023), 1–7.
Irsan, i., g, a. L. N., pertiwi, a., & r, f. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal abdidas, 2(6), 1412–1417. Https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498
Pagi, s. D. N. P., mulyawati, i., arini, n. W., & polina, l. (2022). Pelatihan media pembelajaran canva dan padlet bagi guru sd di. 6, 170–174. File:///c:/users/user/downloads/7670-25468-1-pb.pdf
Rusdiana, r. Y., putri, w. K., & sari, v. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru smpn 1 tegalampel bondowoso. Pengabdian magister pendidikan ipa, 4(3), 209–213.
Sari, r. K., hamzah, i., wijaya, s. M., ikbarfikri, a., inggris, p. B., inggris, s., & teknokrat, u. (2023). Pelatihan canva sebagai media pembelajaran di sma n 5 metro. 4(2), 208–213.
Sijabat, p. M., gulo, m., charolyn, r., zendrato, y., & waema, a. A. (2023). Implementasi kreativitas guru pak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sekolah dasar. 5(2).
Tafonao, t. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103. Https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wijaya, n., irsyad, h., & taqwiym, a. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. Fordicate, 1(2), 192–199. Https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Luhut Elroy Manalu, Moralman Gulo, Vanbe Toven Hulu , Niken Mercin Novianti Lahagu , Matias Christuver , Risdawati Sibarani , Siro Fenisia Br Sembiring , Junianty Lestari Sitanggang , Srianti Hutabarat , Lilis Dhalia Tampubolon , Sarda Novita Sari S , Rongga Uli Sipahutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.