PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PENYUSUNAN BUKU RAMAH CERNA BERBASIS HUMAN SECURITY

Authors

  • Sani Aryanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ahmad Muchlisin Natas Pasaribu Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fanny Sumirat Universitas Islam 45 Bekasi
  • Meliyanti Meliyanti Direktorat Pendidikan Dasar
  • Putri Ayuni Agustina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Meyke Erlianda Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18112

Keywords:

Buku Ramah Cerna, Profil Pelajar Pancasila, Literasi Dini

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah salah satu manifestasi dalam mendukung penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila dan program penguatan literasi dini di Indonesia. Konsep human security sebagai pendekatan dalam mengembangkan program pendampingan penyusunan buku ramah cerna menjadi diferensiasi dan novelti PKM ini. Di samping itu, program PKM ini sangat relevan dengan Visi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sebagai satu-satunya kampus yang menjunjung nilai sekuriti dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, PKM ini diharapkan mampu menghasilkan produk inovatif yang merepresentasikan nilai sekuriti. Pengabdian ini dilakukan secara kolaboratif antara Prodi PGSD FIP Ubhara Jaya dan Prodi PGSD Universitas Islam 45 sebagai mitra sasaran dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang. Rasionalisasi pemilihan mahasiswa calon guru SD sebagai sasaran mitra adalah urgensi peranan seorang guru yang dituntut dan dituntun memiliki kompetensi pedagogik dibuktikan melalui kemampuannya dalam mengembangkan bahan ajar di SD. PKM ini mengasistensi mahasiswa sebagai calon guru untuk  menyusun bahan ajar berupa buku ramah cerna yang didasarkan pada kebijakan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan No 30 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perjenjangan Buku

References

Adebayo, G. O. (2021). Counter-radicalization policies and policing in education: making a case for human security in Europe. Heliyon, 7(2). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05721

Ardoin, N. M., & Bowers, A. W. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the research literature. Educational Research Review, 31(November 2019), 100353. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100353

Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). Sastra Anak Berbasis Ecoprenuership Sebagai Muatan Pembelajaran Literasi Finansial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 722–737. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Aryanto, S., Rahman, R., Hartati, T., Nurkaeti, N., Rony, Z. T., Suharjuddin, S., Lidinillah, D. A. M., & Junaidi, F. (2021). Internalization of Ecopreneurship Values through the Development of Poetry Anthology in Primary School. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311764

Aryanto, S., Widiansyah, A., & Markum, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Berprikir Kreatif Dalam Pembuatan Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship Melalui Implementasi Design Thinking. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 37–44. https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.107

CIES. (2017). The development of decodable texts for Dominican children living in marginalized communities: Preliminary findings. Paper Session: Literacy and Learning America Focus, 1.

Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fajar Rahayuningsih. (2021). Nternalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

Farhana, H., Affandi, I., Supriatna, N., & Nurbayani, S. (2021). Analisis Deskriptif Nilai Human Security Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5112–5125. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1588

Fitria, N., Jalal, F., Supena, A., & Id, A. A. (2022). Strategi Guru Dalam Pengenalan Literasi Awal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 145–153. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.

Hasannah, R. G. U. (2019). Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dini Anak Prasekolah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3), 360–368. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4793

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal?: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.

Maksum, A. (2021). Indonesian post-migrant workers: A challenging problem for human security. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100223. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100223

Meliyanti, M., & Aryanto, S. (2022). Upaya Pemerintah dalam Mendorong Kompetensi Literasi Guru melalui Program Beasiswa Microcredential di Teachers College Columbia University. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13840–13856. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4666

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Oncu, E. C., & Unluer, E. (2015). Examination of Preschool Teachers’ Approaches to Early Literacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1043–1047. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.656

Pedoman Perjenjangan Buku, Pub. L. No. 030/P/2022 (2022).

Purnamasari, B. N., Nirwana, & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahman, R., Sakti, A. W., Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2019). Elementary Education Literacy in the Era of Industrial Revolution 4.0. 257(Icollite 2018), 190–193. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.41

Stewart, R. A., Bailey-White, S., Shaw, S., Comton, E., & Ghoting, S. (2014). Enhanced Storytimes. Children & Libraries: The Journal of the Association for Library Service to Children, 12(2), 9–14.

Su, J., & Ng, D. T. K. (2023). Artificial intelligence (AI) literacy in early childhood education: The challenges and opportunities. Computers and Education: Artificial Intelligence, 100124. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100124

Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.

Varghese, C., Vernon-Feagans, L., & Bratsch-Hines, M. (2019). Associations between teacher–child relationships, children’s literacy achievement, and social competencies for struggling and non-struggling readers in early elementary school. Early Childhood Research Quarterly, 47, 124–133. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.09.005

Wildová, R., & Kropá?ková, J. (2015). Early Childhood Pre-reading Literacy Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 878–883. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.418

Zahro, I. F., & Aprianti, E. (2022). Penyuluhan Literasi Anak Usia Dini sebagai Pembelajaran Abad 21 pada Guru PAUD di Desa Paas Kabupaten Garut. Nusantara Berdaya: Jurnal Pengabdian …, 1(1), 1–8.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Aryanto, S., Pasaribu, A. M. N. ., Sumirat, F. ., Meliyanti, M., Agustina, P. A. ., & Erlianda, M. . (2023). PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PENYUSUNAN BUKU RAMAH CERNA BERBASIS HUMAN SECURITY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6614–6625. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18112