SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN BERBASIS ANDROID PADA PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL KOTA BANJARBARU

Authors

  • Tri Wahyu Qur'ana Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Desy Ika Puspitasari Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Al Fath Riza Kholdani Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • M. Dedy Rosyadi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Adani Dharmawati Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Hayati Noor Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17761

Keywords:

Aplikasi, Android, Laporan, Keuangan

Abstract

Gerakan Kewirausahaan Nasional atau yang lebih populer dengan singkatan GKN merupakan program pemerintah indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan populasi wirausaha Indonesia. Ratusan pelaku usaha kecil dan menengah yang lahir dari GKN Kalimantan Selatan dan masih didampingi sampai saat ini, diantaranya adalah pelaku usaha mikro dan kecil di wailayah Banjarbaru, yang mana jenis usahanya terdiri dari  perdagangan, makanan/minuman, kerajinan, dan produksi. Masih banyak pelaku usaha Mikro dan kecil di Kota Banjarbaru yang tidak melakukan pencatatan laporan keuangan dan apabila melakukan pencatatan laporan pun masih menggunakan sistem manual dengan mencatatnya di buku. Catataan laporan keuangan para pelaku usaha juga tidak mengikuti st r laporan keuangan pada umumnya, sehingga keuangan usaha tidak terpisah dengan keuangan pribadi, sehingga akan sulit mengetahui laporan posisi  keuangan,  laporan  laba  rugi  dan  catatan laporan  keuangan lainnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan metode pelatihan melalui ceramah, tanya jawab dan praktik. materi yang disajikan dapat diterima, dicerna, dan dipahami peserta dengan baik. Kegiatan berlangsung lancar, tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan dan para pelaku UMK dapat berkomunikasi dengan para pembicara dan peserta lain dengan baik. Program pelatihan ini sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan tertib administrasi keuangan, yang tentunya berpengaruh besar terhadap kemajuan dari usaha mikro dan kecil tersebut.

References

Cassar, Gavin. 2009. “Financial Statement and Projection Preparation in Start-up Ventures.” Accounting Review 84(1):27–51.

Dwivedi, Y., Rana, N., Chen, H., & Williams, M. (2011). A Meta-analysis of the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) To cite this version: HAL Id: hal-01571726. Governance and Sustainability in Information Systems: Man-Aging the Transfer and Diffusion of IT (Working Conference).

Hanung, E., Gentur, J., & Dian Marlina Verawati. (2021). Pelatihan Laporan Keuangan Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 Mei 2021 Hal. 1-5.

Luh Diah & Lasmini .(2019). Apakah Laporan Keuangan Bermanfaat Bagi Umkm? Peran Kultur Organisasi Dan Teknologi Informasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 8.11 (2019):1299-1314.

Muchid. (2015). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemsikinan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(1).

Noviari, N., & Akuntansi, J. (2007). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1–14.

Nuryanto & Afiah, H. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal Ekonomi IAIN.

Oswari, T., Suhendra, E. S., Harmoni, A., Pengajar, S., & Gunadarma, U. (2008). Model Perilaku Penerimaan Teknologi Informasi: Pengaruh Variabel Prediktor,. (Kommit), 20–21.

Williams, M. D., Rana, N. P., & Dwivedi, Y. K. (2015). The unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT): A literat ure review. In Journal of Enterprise Information Management (Vol. 28). https://doi.org/10.1108/JEIM-09-2014-0088.

Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Qur’ana, T. W. ., Puspitasari, D. I. . ., Kholdani , A. F. R., Rosyadi , M. D. ., Dharmawati , A. ., & Noor, H. . (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN BERBASIS ANDROID PADA PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL KOTA BANJARBARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6164–6171. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17761