PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD IT ANAK SHOLEH MANDIRI BANJARMASIN UNTUK PEMBUATAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN VIDEO EDITING

Authors

  • Silvia Ratna Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • M. Muflih Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Ihda Innar Ridho Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Nur Alamsyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Wagino Wagino Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • M. Rasyidan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17512

Keywords:

Guru, Video Editing, Pre-test, Post-Test

Abstract

SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin adalah sekolah yang tertarik untuk diberikan pelatihan video editing untuk guru-guru mereka. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru-guru dalam membuat video presentasi dan dokumentasi, serta dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, Kebutuhan Pelatihan, Sumber Daya yaitu guru-guru SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin harus memastikan bahwa sumber daya yang diperlukan untuk pelatihan video editing, seperti perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan, tersedia dan dapat menangani kebutuhan pengeditan video, Kemampuan guru-guru di SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin dalam video editing bervariasi dan Ada guru-guru yang memiliki pengalaman dalam mengedit video, namun ada juga yang belum pernah melakukan pengeditan video sama sekali. Oleh karena itu, pelatihan perlu dilakukan secara bertahap dan terstruktur, dimulai dari dasar-dasar hingga tingkat yang lebih lanjut, menyesuaikan Jadwal guru-guru di SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin sangat padat dan terkadang sulit untuk ditempatkan dalam pelatihan. Oleh karena itu, perlu disediakan jadwal pelatihan yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan jadwal guru-guru dan Evaluasi hasil pelatihan video editing perlu dilakukan untuk mengevaluasi kualitas video yang dibuat oleh guru-guru dan siswa, serta memberikan umpan balik dan saran untuk meningkatkan kualitas video. Bentuk pembuatan bahan ajar menggunakan Video Editing seperti Video Tutorial, Animasi, Video Dokumenter, Presentasi, dan Film Pendek dengan menggunakan tools yang dapat dipelajari dengan mudah seperti Adobe Premiere Pro, iMovie, Filmora, Camtasia, dan Animaker. Untuk mengetahui sejauh mana Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin Untuk Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Video Editing, maka salah satu metode yang digunakan adalah Kuesioner yang diberikan sebelum pelaksanaan pengabdian atau pra (pre-test) dan Kuesioner akan diberikan Kembali setelah pelaksanaan selesai atau pasca (post-test). Berdasarkan hasil kuesioner dengan nilai rata-rata pra pengabdian sebesar 2,50 sedangkan nilai rata-rata pasca pengabdian meningkat menjadi sebesar 4,07, jadi dapat disimpulkan bahwa setelah peserta mendapatkan pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Video Editing untuk Peningkatan Kompetensi pada Guru SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin adalah semakin meningkat.

References

Ardianto, D., & Fahrurrozi. (2018). Pemanfaatan Teknologi Video Editing dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif dan Inovatif. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 25(1), 37-50.

Fadhilah, N., Heryanto, & Hardiyanto. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Video Editing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1051-1058.

Kusuma, I., & Adiwijaya, H. (2020). Implementasi Video Editing dalam Pembuatan Bahan Ajar Interaktif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Teknik Elektro, 8(2), 202-209.

Marzuki, M., & Suroso, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Video Editing untuk Meningkatkan Keterampilan Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 25(1), 13-24.

Nurlaili, S. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Video Editing. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 15-24.

Ramdhani, A. (2020). Pemanfaatan Video Editing dalam Pembuatan Bahan Ajar Interaktif di Era Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 25-34.

Setiawan, A., & Suryanti, T. (2018). Penggunaan Video Editing dalam Pembuatan Bahan Ajar Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 83-92.

Suwartono, R., & Prastyawan, R. (2019). Pemanfaatan Video Editing dalam Meningkatkan Kualitas Bahan Ajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 139-148.

Syafrina, E., & Miftachul, A. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar dengan Teknik Video Editing. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 24-32.

Yuliana, D., & Nurhasanah, I. (2017). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Video Editing. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3), 183-190.

Alphaomegaproperty. (2020). Pengertian Media Video Pembelajaran.

https://alphaomegaproperty.co.id/pengertian-media-video-pembelajaran/

MasCos. (2020). VIDEO PEMBELAJARAN MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF SAAT PANDEMI COVID-19. https://poskita.co/2020/08/23/video-pembelajaran-media-pembelajaranefektifsaat-pandemi-covid-19/

Abhirama, J., Hendra, D., Matindas, P., & Sutrisno, D. (2008, Desember 21). Sejarah video editing. Dipetik April 15, 2011, dari Audio-Video Editing: http://pti08.wordpress.com/2008/12/21/sejarah-video-editing-2/

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Ratna, S. ., Muflih, M. ., Ridho, I. I. ., Alamsyah, N. ., Wagino, W., & Rasyidan, M. . (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD IT ANAK SHOLEH MANDIRI BANJARMASIN UNTUK PEMBUATAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN VIDEO EDITING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6488–6493. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17512