PEMANFAATAN TEKNOLOGI KONFERENSI VIRTUAL UNTUK MEMBUAT KOLABORASI ANTARPROVINSI DALAM PENYUSUNAN MATERI AJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15993Keywords:
Teknologi Konferensi Virtual, Kolaborasi Antar Provinsi, Materi AjarAbstract
Kolaborasi antarprovinsi dalam penyusunan materi ajar merupakan suatu upaya yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan aksesibilitas bagi masyarakat. Dalam era digital saat ini, teknologi konferensi virtual menjadi alat yang kuat untuk menciptakan kolaborasi yang efisien di antara para mitra pendidikan dari berbagai provinsi. Artikel ini membahas tentang pemanfaatan teknologi konferensi virtual dalam konteks kolaborasi antarprovinsi dalam penyusunan materi ajar. Artikel ini juga menyarankan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul, seperti peningkatan infrastruktur internet, pelatihan dan dukungan teknis, penjadwalan yang disesuaikan dengan zona waktu, meningkatkan keterlibatan peserta, dan komunikasi yang efektif. Selain itu, metode pelaksanaan juga disajikan, termasuk memilih platform konferensi virtual yang tepat, mengorganisir pertemuan rutin, menetapkan agenda pertemuan, memfasilitasi kolaborasi dan diskusi, mendokumentasikan hasil pertemuan, menyediakan dukungan teknis, dan melakukan evaluasi dan refleksi. Kesimpulannya, pemanfaatan teknologi konferensi virtual dalam kolaborasi antarprovinsi dalam penyusunan materi ajar memberikan peluang baru dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan aksesibilitas bagi masyarakat. Meskipun tantangan mungkin timbul, dengan menerapkan solusi yang tepat dan metode pelaksanaan yang efektif, kolaborasi antarprovinsi dapat terwujud secara efisien dan produktif. Teknologi konferensi virtual menjadi alat yang efektif dalam mewujudkan kolaborasi lintas provinsi yang bermanfaat dan relevan dalam penyusunan materi ajar.References
Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom Dan Zoom Meeting) Di Smp Mbs Al Amin Bojonegoro. Cendekia, 12(2), 161-178.
Lestari, P. A. S., Gunawan, G., & Yulianci, S. (2020). Effectiveness of Online Lectures Using Digital Platform During the Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(3), 107-115.
Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning?: The Students' and Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1012
Putu Wulantari, N., Rachman, A., Nurmalia Sari, M., Jola Uktolseja, L., & Rofi’i, A. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature Review. Journal on Education, 6(1), 2847-2856. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3328
Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N., Rofi’i, A., & Sari, M. (2023). The Role Of Artificial Intelligence (AI) In Developing English Language Learner’s Communication Skills. Journal on Education, 6(1), 750- 757. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2990
Sahlani, L., Sopiansyah, D., & Agung, B. (2020). Pemanfaatan kegiatan pembelajaran dalam jaringan (e-learning) dalam menghadapi masa pandemi covid-19 di madrasah aliyah negeri 2 bandung. Al-Ibanah, 5(2), 1-40.
Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i4.252
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ali Ramatni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.