SOSIALISASI EDUKASI TENTANG PEMBUKUAN DAN PENCATATAN SECARA AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA- SISWI SMK PATRIA GADING REJO PRINGSEWU

Authors

  • Apip Alansori Universitas Malahayati
  • Muhammad Luthfi Universitas Malahayati
  • Masayu Aisyah Universitas Malahayati
  • Khomala Riani Universitas Malahayati
  • Selsa Ulandari Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15940

Keywords:

Sosialisasi, Edukasi Pembukuan, Pencatatan Akuntansi dan Peningkatan Pemahaman.

Abstract

Pengenalan pembukuan akuntansi sederhana merupakan cara mengenal sebuah proses pencatatan untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang terdapat di Sekolah Menengah Kejuruan. Pencatatan pembukuan akuntansi sederhana berawal dari transaksi. Pemahaman pembukuan akuntansi secara sederhana belum disosialisasikan secara aktif kepada setiap lapisan masyarakat, sehingga masih banyak ditemui yang belum mengetahui dan memahaminya dengan baik. Sosialisasi yang dilakukan hanya berkisar kepada lembaga usaha tertentu dan orang-orang yang berkemauan mempelajari khusus pembukuan akuntansi. Oleh karena itu diperlukan pendidikan kewirausahaan yang didalamnya termasuk pendidikan pengelolaan keuangan bagi siswa-siswi SMK. Hal ini penting dilakukan agar para lulusan SMK ini bisa mengoptimalkan dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui bekerja atau menciptakan lapangan kerja sebagai wirausahaan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa/siswi dalam pembukuan dan pencatatan akuntansi supaya bisa di aplikasikan kepada masyarakat setelah lulus dengan harapan bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu kegiatan ini juga dapat memberikan edukasi kepada siswa/siswi agar nantinya dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam melakukan pencatatan keuangan. Manfaat dari kegiatan ini bagi siswa/siswi SMK Patria Gading Rejo Pringsewu adalah memperoleh edukasi mengenai sistem pencatatan atau pengelolaan keuangan yang efektif dan akurat serta memperoleh pemahaman dan keterampilan dalam melakukan pencatatan keuangan sederhana. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dengan melakukan diskusi dan koordinasi terlebih dahulu kepada SMK Patria Gading Rejo Pringsewu yang termasuk didalamnya terkait dengan pelaksanaan dan sasaran. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bisa meningkatnya pemahaman pembukuan dan pencatatan secara akuntansi, meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya pembukuan dan pencatatan dalam mengelola keuangan, mampu menyusun pembukuan dan pencatatan untuk mempermudah dalam menentukan pengeluaran.

References

Darma dan Sari. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untukk Siswa-Siswi Ma Ma’arif Kota Gajah. Journal of Empowerment Community, Vol 4, No (1), 18-23.

Meirina dan Dewi. (2023). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana Pada Siswa SMA Negeri 2

VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian KBP, Vol 1, No (1), 11-18.

Munandar et al. (2018). Pelatihan Pembukuan Dan Pencatatan Keuangan Sederhana Kepada Siswa/I Yayasan Prima Unggul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 24, No (1), 527-538.

Setyawati et al. (2022). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1, (1), 1-8.

Hutabarat et al. (2022). Pengenalan Pembukuan Akuntansi Sederhana pada Guru Madrasah Tsanawiyah Azzidin Medan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 2 No (2), 230–235.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Alansori, A. ., Luthfi, M. ., Aisyah, M. ., Riani, K. ., & Ulandari, S. . (2023). SOSIALISASI EDUKASI TENTANG PEMBUKUAN DAN PENCATATAN SECARA AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA- SISWI SMK PATRIA GADING REJO PRINGSEWU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4360–4365. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15940