EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PADA IBU HAMIL DENGAN ANEMIA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAKTI

Authors

  • Sirajul Muna STIKES Muhammadiyah Aceh
  • Roza Aryani STIKES Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.15892

Keywords:

Kepatuhan, Konsumsi Tablet Tambah Darah, Kadar Hemoglobin

Abstract

Kebutuhan Fe untuk ibu hamil meningkat untuk pertumbuhan janin. Program pemberian tablet besi (Fe) pada wanita hamil yang menderita anemia kurang menunjukan hasil yang nyata disebabkan oleh kepatuhan minum tablet besi (Fe) yang tidak optimal. Cakupan pemberian TTD pada ibu hamil di Indonesia tahun 2020 adalah 83,6%. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2019 sebesar 64%. Aceh berada diperingkat 25 dari 34 provinsi di Indonesia dengan peresentasi 71,1%. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain untuk membantu ibu hamil mengatasi anemia selama kehamilan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat mengidentifikasi masalah dengan mendeteksi ibu hamil yang anemia dengan melakukan pemeriksaan HB dan melakukan edukasi kepada ibu hamil yang mengalami anemia serta pendampingan terjadwal berupa pelayanan antenatal dalam pemeriksaaan kehamilan dan pemantauan dalam mengkomsumsi tablet tambah darah ( Tablet Fe ). Hasil dari kegiatan pengabdian ini didapatkan 11 orang ibu hamil dengan anemia dari total jumlah ibu hamil yaitu 28 orang. setelah dilakukan pendampingan oleh kader selama 1 bulan dengan hasil kadar Hb semua ibu hamil yang mengalami anemia (11 orang) meningkat menjadi tidak anemia ( Rata – rata HB 11,2 gr% ). Bagi ibu hamil, diharapkan untuk rutin memeriksakan kehamilannya ke fasilitas kesehatan dan posyandu terdekat untuk memantau keadaan ibu dan kehamilannya, serta dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran tentang bahaya anemia dalam kehamilan melalui penkes yang diberikan oleh tenaga kesehatan yang melayani,  sehingga  membentuk  kewaspadaan  diri  untuk  mencegah  dan menanggulangi anemia dalam kehamilan.

References

Aisyah, S. 2015.Pendampingan Ibu Hamil Anemia Dan Kekurangan Energi Kronik (KEK) Di Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri.LPM.Vol. 1, No. 1.

Atikah, dkk, 2019. Buku Referensi Metode Orkes-Ku (Raport Kesehatanku) Dalam Mengidentifikasi Potensi Kejadian Anemia Gizi Pada Remaja PutrI CV Mine, Yogyakarta.

Eny Listyowati,2020. Hubungan Kepatuhan Konsumsi Fe (Sulfas Ferrous) Dengan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester III (Studi Di Puskesmas Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro), STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

Esiara, 2018. Hubungan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Fe dengan Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Batu Kecamatan Aceh Utara Tahun 2018. Program studi D4 Kebidanan Fakultas Farmasi Dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia Medan.

Dinas kesehatan Kabupaten Aceh, 2021. Profil Kesehatan Aceh 2020, Banda Aceh.

Herly Yolela Manurung, 2018. Hubungan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah (Ttd) Dan Pemeriksaan Kehamilan Dengan Kadar Hemoglobin (Hb) Ibu Hamil Di Puskesmas Ambarita Kab Samosir” Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan

Irmawati, Rosdianah, 2020. Sari Kurma Dapat Meningkatkan Hemoglobin Ibu Hamil, CV. Cahaya Bintang Cemerlang Gowa.

Julianti, 2015. Pendampingan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) dapat Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi TTD pada Ibu Hamil Anemia.Penelitian Gizi dan Makanan. Vol.38, No. 1.

Juwita R. 2017. Hubungan Konseling dan Dukungan Kelurga terhadap Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe.Jurnal Endurance. Vol. 3, No.1.

Kemenkes RI, 2015. Pedoman Penatalaksanaan Pemberian Tablet Tambah Darah, Kementrian Kesehatan RI. Jakarta.

_______________ 2017. Hasil Penilain Status Gizi Tahun 2016. Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat, Kementrian Kesehatan RI. Jakarta.

______________ 2019. Infodatin Gizi. Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat, Kementrian Kesehatan RI. Jakarta.

________________, 2020. Pedoman pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri pada masa pandemi COVID-19 bagi tenaga kesehatan. Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat

________________, 2021. Profil kesehatan Indonesia tahun 2020. Kementrian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Kovacs, C.S dan C. L. Deal. 2019. Maternal-Fetal and Neonatal Endocrinology:

Physiology, Pathophysiology, and Clinical Management. Elsevier. Canada

Bhatia, 2018 Physiological inPregnancy. Cardiovascular Journal of Africa. 27(2) : 89-94

Prawirohardjo, S. 2016. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Ed 4. Cetakan. PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Jakarta.

Ratih, 217). Pengaruh Pemberian Tablet Zat Besi (Fe) Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil yang Anemia. JOMIS (Journal Of Midwifery Science), 1(1), 30–34.

Sitti Rizki W. Malah (2016) Hubungan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi (Fe) Dengan Kadar Hemoglobin (Hb) Di Wilayah Puskesmas Ranomut Kota Manado Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Manado.

Susiloningtyas, 2017. Pemberian Zat Besi (Fe) dalam Kehamilan. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 50(128), 1–26.

Yanti. 2017. Panduan Asuhan Kebidanan Kehamilan. EGC. Jakarta

Yulizawati, 2017. CONTINUITY OF CARE (Tinjauan Asuhan Pada Masa Kehamilan, Bersalin, Nifas, Bayi Baru Lahir dan Keluarga Berencana) Indomedia Pustaka, Sidoarjo.

Yulistiana. E. 2015. Hubungan pengetahuan Ibu dan Dukungan Suami pada Ibu Hamil terhadap keteraturan Kunjungan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Wates Lampung Tengah Tahun 2014. Jurnal Kebidanan.

Widjanarko, 2019. Pengaruh Faktor Penegtahuan dan Sikap Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Fe di Puskesmas Bogor Tengah. Jurnal Promkes. Vol.2, No.2.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Muna, S. ., & Aryani, R. . (2023). EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PADA IBU HAMIL DENGAN ANEMIA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAKTI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9618–9622. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.15892