IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM KRUPUK NASI DI DESA JATIREJO

Authors

  • Masadah Masadah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Tri Winarsih Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Isna Ayu Safitri Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Yuliana Tri Ratnasari Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Beni Susilo Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15277

Keywords:

Media Sosial, Media Promosi, UMKM.

Abstract

Perkembangan sistem teknologi dan komunikasi yang semakin canggih harus diimbangi dengan inovasi pemasaran sebuah produk. Pemakaian media sosial sebagai pilar utama dalam penyampaian informasi sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha, namun  hal ini tidak dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil mikro (UKM) di Desa Jatirejo khususnya penggunaan media internet yang berakibat pada permasalahan penurunan omset setiap bulannya, sedangkan  tingkat persaingan usaha semakin hari semakin ketat. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dalam menjangkau pemasaran lebih luas ke calon konsumen dapat lebih maksimal, sehingga memiliki potensi untuk menaikkan omset dari pelaku UKM. Melalui media sosial  sebagai solusi yang diterapkan untuk memperbaiki permasalahan mitra yaitu dengan memperluas jangkauan pemasaran serta untuk meningkatkan kapasitas penjualan kerupuk nasi. Aplikasi Tiktok dipilih sebagai implementasi pemanfaatan media sosial melalui observasi pemberian materi pemasaran, Implementasi dan Evaluasi. Pelatihan ini bertujuan agar pelaku UKM nasi kerupuk memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memasarkan produknya secara online melalui aplikasi TikTok. Hasil dari pelatihan yaitu tiap peserta telah memiliki akun aktif di TikTok guna pemasaran produk yang lebih efisien dan efektif.

References

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger.

Suci, Y. R. (2016). Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Pedesaan. Journal Development. https://doi.org/10.53978/jd.v4i2.37

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Masadah, M., Winarsih, T. ., Safitri, I. A. ., Ratnasari, Y. T. ., & Susilo, B. . (2023). IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM KRUPUK NASI DI DESA JATIREJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3395–3399. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15277