PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL BATIK MARIANA PONOROGO MELALUI WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA

Authors

  • Mila Diana Sari , Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Susantriana Dewi Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Smita Catur Sudyantara Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Amrih Yuwono Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Tutik Heriana Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Ayu Oktavia L Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14966

Keywords:

Batik, Digital, Pemasaran, Pendampingan

Abstract

Kegiatan pelatihan digital marketing oleh tim pengabdi Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo sebagai upaya untuk memperkuat usaha yang dijalankan oleh “Batik Mariana. “Batik Mariana” sudah melakukan usaha batik tulis sejak tahun 1980 di Kabupaten Ponorogo dengan metode pemasaran masih bersifat konvensional,. Permasalahan yang dihadapi mitra, yaitu belum melakukan promosi dan pemasaran secara digital untuk mendukung pengembangan usaha. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan, wawasan dan ketrampilan  mengenai pemasaran digital melalui  pemanfaatan media sosial dan website. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah partisipasi mitra, pelatihan disertai demontrasi dan praktek serta  pendampingan digital marketing. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah bertambah pengetahuan, wawasan dan ketrampilan dalam pemasaran digital memalui website dan media soaial (Instagram), bertambah ketrampilan teknik pengambilan foto produk dengan menggunakan smartphone, terwujudnya website “Batik Mariana” dan akun sosial media berupa Instagram. Kegiatan berkelanjutan adalah pendampingan dalam mengelola website dan sosial medianya, selebihnya disarankan penjualan online melalui E-commerce Indonesia yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan sebagainya.

References

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138–149.

Fadila, A., Sholihah, D. R., & Nugraheni, S. (2021). Pembinaan Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Digital pada pelaku UKM Kecamatan Ciomas Bogor. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 221–230.

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42–47.

Haryanto, H., Delfina, D., Jessica, J., Chang, J., & Quinn, F. (2022). Pemasaran Digital untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan pendapatan UMKM JHN Shop Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 181–186.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT Indeks.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital pada BUMDES Blulukan Gemilang. Kumawula: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 4(1), 8–14.

Rosyada, M., & Tamamudin, T. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Batik Tulis Kota Pekalongan Sebagai Upaya Pelestarian Budaya dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Darmabakti?: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–50.

Septian, N., Malik, Y. A., Saijunus, M., Rohaeni, N., & Rukmana, R. M. (2021). Pendampingan Usaha Batik Banyu Amarta Melalui Pembuatan Media Promosi Produk Batik. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 83–90.

Syamsuddin, F., & Amir, S. (2021). Pembuatan Batik Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT), 2.

Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 31–36.

Widaningrum, I., Widiyahseno, B., & Wahjuni Djuwitaningsih, E. (t.t.). PKM BATIK: PENGEMBANGAN POTENSI BATIK PONOROGO.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Sari, M. D., Dewi, S., Sudyantara, S. C. ., Yuwono, A. ., Heriana, T. ., & L, A. . O. . (2023). PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL BATIK MARIANA PONOROGO MELALUI WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3498–3507. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14966