Strategi Membangun Brand Image Dalam Upaya meningkatkan Minat Beli Masyarakat

Studi Kasus Pada Outlet Elwin Resto, Pujasera Teras Kota, Bago, Tulungagung

Authors

  • Anjarini Riyanti Manajemen Bisnis Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung.
  • Siswahyudianto Siswahyudianto Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13461

Keywords:

Strategi, Brand Image, Minat Beli

Abstract

Penelitian yang membahas tentang strategi membangun brand image dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen studi kasus pada Outlet Elwin Resto, Pujasera Teras Kota, Bago, Tulungagung. Brand merupakan suatu aset yang tidak ternilai bagi suatu perusahaan, maka suatu perusahaan berusaha membangun brand melalui brand image. Jika suatu brand image positif maka dapat meningkatkan minat beli konsumen dan dapat menciptakan kepercayaan terhadap produk Elwin Resto.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi membangun brand image umtuk meningkatkan minat beli konsumen. Penerapan brand image dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen. Faktor pembangun  brand image dalam meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk Elwin Resto. Bagaimana menciptakan kepercayaan konsumen terhadap brand Elwin Resto. Pendekatan dari penelitian ini yaitu menggunakan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik dari Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari ‘strategi membangun brand image dalam upaya meningkatkan minat beli masyarakat pada outlet Elwin Resto Tulungagung menunjukkan bahwa stategi yang telah digunakan yaitu menerapkan bauran pemasaran 4p dan juga menerapkan strategi membangun brand image dengan baik, Selain itu juga gencar promosi di sosial media sehingga dapat menarik daya minat beli masyarakat. Kata kunci: Strategi, Brand Image, Minat Beli Kata kunci: Strategi, Brand Image, Minat Beli

References

Amilia suri Dan M. Oloan Asmara Nst: “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa”. 2017 hal. 660.

Arnild Augina Mekarisce, “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat”. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. Vol. 12 Edisi 3, 2020, hal 150-152.

Cindy Prilnes, et. All., “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Di Pt. Bina Usaha Mandiri Sejahtera Medan”, Desember 2020, Vol. 6 No. 2 hal. 27 – 28.

Dita Amanah, “Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap LoyalitasPembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza, Jalan Aksara, Medan”, Jurnal Keuangan & Bisnis Volume 3 No. 3, November 2011, hlm. 222

Geraci, Domenico. (2021). The Extended Marketing Mix. Canada: Bibliotex.

Jusuf Udaya, Lucky Yunia W, Devi Anggrahimi A L, Manajemen Strategik (Jakarta: Graha Ilmu), hal. 6

Kristaberyl, B. L. “Pengaruh Citra Produk, Citra Perusahaan, Dan Citra Pembeli Terhadap Keputusan Pembelian (Purchase Decision) Pada Konsumen Starbucks”, (Semarang: Skripsi Tidak Diterbitkan 2018), hal. 1 - 2

Laurence, R Joch & William F. Glucek, Manajemen Strategis Dan Kebijakan Perusahaan, Edisi ketiga, Terjemahan: Murad & AR. Henry Sitanggang, (Jakarta: Erlangga, 1998), hlm. 12.

Maunaza Afianka, “Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Maskapai Penerbangan Lion Air Sebagai Low Cost Carrier)”, (Depok: Skripsi tidak diterbitkan,2012), hal. 5-6

Nuriskin, Robi “Pengaruh brand image terhadap kepuasan nasabah serta terhadap loyalitas nasabah”, Skripsi Universitas islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. 2016

Philius Mamahit, Agus Supandi Soegoto, Willem Alfa Tumbuan, Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado dalam Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 15, No. 05, 2015, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sari Minarsih dan Fathoni, (2014). http://repository.unmuha.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/863/09. Bab II.pdf?sequence=9&isAllowed=y

Diakses pada tanggal (23 november 2022) pukul 13.17

Sirajuddin Saleh, Analisis Data Kualitatif (Bandung: Penerbit Pustaka Ramadhan, 2017), hal. 68.

Suri Amilia dan M. Oloan Asmara Nst: Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian..., hal 662

Suryani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas”. 2019

Yulia Rukmana, “Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan (Studi Multi Kasus di SMA Negeri 3 Malang dan SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo”, (Malang: skripsi tidak diterbitkan 2016), hal. 19

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Riyanti, A. ., & Siswahyudianto, S. (2023). Strategi Membangun Brand Image Dalam Upaya meningkatkan Minat Beli Masyarakat: Studi Kasus Pada Outlet Elwin Resto, Pujasera Teras Kota, Bago, Tulungagung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1731–1737. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13461