MENINGKATKAN LITERASI PENDIDIKAN DAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI DESA SIARO

Authors

  • Surya Darma Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Susi Era Veri Universitas HKBP Nommensen
  • Fitri Yuneza Universitas HKBP Nommensen
  • Tuti Kartini Universitas HKBP Nommensen
  • Nasri Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Lenni Yanti Universitas HKBP Nommensen
  • Cindy Cristian Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Literasi, Pendidika, Kesehatan, Desa.

Abstract

Artikel ini adalah hasil  dari laporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di desa Siaro. Adapun judul dari pengabdian ini adalah meningkatkan literasi pendidikan dan kesehatan di desa Siaro di SD Negeri 175771 sebagian besar siswa minim literasi. Hal ini terjadi akibat penerapan kurikulum yang tidak sesuai dengan kemampuan siswa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk membantu siswa dalam meningkatkan literasi CALISTUNG (membaca, menulis, dan berhitung). Dan untuk masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan anak. Hal ini sejalan dengan proses tumbuh kembang anak yang mempengaruhi SDM. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) terlaksananya pengabdian berupa pelaksanaan les tambahan belajar di luar jam sekolah, untuk bidang membaca, menulis, dan berhitung untuk kelas bawah, dan tambahan les bahasa inggris untuk kelas atas. 2) terlaksananya pengabdian dengan melakukan penyuluhan atas pentingnya menjaga tumbuh kembang anak dengan memperhatikan pola asuh anak dan rutin mengikuti imunisasi. Tahapan pelaksanaan kegiatan : 1) temuan masalah, 2) pelaksanaan program, dan 3) tahapan pemecahan masalah. Hasil kegiatan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1) kegiatan les tambahan terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan tingkat partisipasi kehadiran siswa dan 2) kegiatan sosialisasi penyuluhan berjalan dengan baik yang dihadiri oleh ibu dan balita. Dengan diadakannya program ini diharapkan orang tua untuk semakin memperhatikan proses tumbuh kembang anak.

References

Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., and Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children’s Literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127-5134. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2782

Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., Purba, L., Sinaga, J. A. B., Marpaung, T. I., and Tannuary, A. (2022). Socialization of the implementation of digital literacy for educators and students in the digital era in Pematangsiantar city. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5(6), 1683-1689. DOI: 10.33024/jkpm.v5i6.5864

Munthe, B., Rajagukguk, F. S. H., Capah, M. J., Simanjuntak, N., Napitupulu, E., Septiana, K. C. and Simamora, S. D. (2023). Penerapan Praktik Baik Dalam Upaya Meningkatakan Mutu Sekolah Smp Swasta Pasaoran Parbuluan Dairi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1070-1075. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12855

Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., and Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397-1402.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Simanjuntak, M.M., Saputra, N., Afrianti, D., Mulyadi, J. and Herman. (2022). Implementing Multimodal Literacy to Improve Students’ Ability in Literacy for Classroom Practice. Sarcouncil Journal of Education and Sociology, 1(4), 1-5

Silalahi, D. E., dkk. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek dan Penerapannya. PT. Global Eksekutif Teknologi, ISBN: 978-623-5383-54-5

Silitonga, N. M. S., Herman, H., Sherly, S., Julyanthry, J., Tannuary, A., Sinurat, B., Simangunsong, R., and Sitanggang, A. (2022). Improving the Numeration and Literature Capabilities of Class III Students in Simarhompa 177041 Elementary Schools through The Campus Teaching Program. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 777-782. DOI: 10.32832/abdidos.v6i3.1334

Simamora, N., Manurung, A. A., Sinaga, Y. B., Siregar, E. A. R., Manurung, R. G. H., Herman, H., and Sinaga, J. A. B. (2023). Analisis Budaya Literasi dalam Mengembangkan Minat Membaca di Sekolah Dasar Negeri 154500 Aek Tolang. Journal on Teacher Education,

(3), 196-203. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12244

Sukma, E., Mahyuddin, R., & Suriani, A. (2019). Literasi Membaca Puisi Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20–32.

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Pardede, S. D. ., Veri, S. E. ., Yuneza, F. ., Kartini, T. ., Simanjuntak, N. ., Yanti, L. ., & Cristian, C. . (2023). MENINGKATKAN LITERASI PENDIDIKAN DAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI DESA SIARO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1477–1481. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13422