PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP NUMERASI SISWA SMA NEGERI 4 BINJAI MELALUI BIMBEL

Authors

  • Nova Yunita Sari Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Endang Novi Trisna Siloto Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Yesitina W. Rajagukguk Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kristiani Br Manik Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Friska Tulus Fitri Ani Nababan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sylvia Chaterina Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan

Keywords:

Numerasi, Pemahaman, Bimbel

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan konsep numerasi pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dimana fokusnya untuk memberikan pendampingan kepada para siswa tentang pentingnya meningkatkan pengetahuan konsep numerasi pada pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dari prodi pendidikan matematika dan prodi pendidikan fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan konsep numerasi dimulai pada tanggal 06 februari 2023 dan berakhir pada tanggal 25 februari 2023. Sebelumnya, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini sudah disosialisasikan kepada siswa SMA Negeri 4 Binjai, disetiap ruangan kelas dan terlihat bahwa penyebab pengetahuan konsep numerasi siswa masih rendah karena kurangnya belajar dan latihan berhitung. Masalah ini kemudian diminimalisir dengan melaksanakan kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat terkait meningkatkan pengetahuan konsep numerasi bagi siswa/siswi SMA. Program ini merupakan suatu hal yang penting dalam upaya peningkatan konsep numerasi disekolah.

References

Amellya, A. F., & Aryanto, H. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 Sdn Medaeng 2 Sidoarjo. Barik, 2(3), 60–72. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/Article/View/42219

Andriani, L., Diana, S., & Hidayat, T. (2018). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Pada Materi Genetika Berdasarkan Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Assimilation: Indonesian Journal Of Biology Education, 5(2), 100–105. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Aijbe.V5i2.49709

Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4). Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i4.5915

Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26714/Jkpm.8.2.2021.1-7

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33387/Dpi.V9i2.2299

Darmadi, D., Primiani, C. N., Sudarmiani, S., Pujiati, P., & Sanusi, S. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di Desa. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 605–614. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58466/Literasi.V2i2.364

Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan Belajar Pada Bidang Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di Masa Transisi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2606–2615. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2422

Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., Miranda, L. L., Kristina, K., & Rosa, R. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah Di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231–2245. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i5.5249

Hartatik, S. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education And Human Development Journal (Ehdj), 5(1), 32–42. Http://Repository.Unusa.Ac.Id/Id/Eprint/6612

Hasanah, U., Haryadi, H., Rahmadi, D. S., & Halid, W. (2022). Program Pendampingan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Learning Loss Pada Aritmatika. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Sinapmas).

Kusuma, V. B., Galatea, C. K., & Fatqurhohman, F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Sd Dalam Memecahkan Masalah Pecahan. Seminar & Conference Proceedings Of Umt, 144–148. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31000/Cpu.V0i0.6865

Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Bimbel Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 70–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56972/Jikm.V1i2.10

Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V4i2.7903

Pakpahan, C., Baene, V. A., Ndruru, A. J. A., Ndruru, F. K., Lase, L. M., Buulolo, K., & Ndruru, R. S. (2023). Bimbingan Belajar Gratis Guna Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Siswa/I Sd Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 5972–5976. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V5i1.12203

Pangaribuan, J. J., & Ginting, F. Y. A. (2022). Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Para Siswa Berbasis Bimbel (Bimbingan Belajar). Jurnal Abdimas Maduma, 1(1), 17–22. Https://Doi.Org/Https://Journal.Eltaorganization.Org/Index.Php/Ecdj/Article/View/64

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, 5(9), 566–575. Https://Doi.Org/Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, 5(9), 566-575.

Purba, C. N., Sinaga, N. Y., Saragih, S. S., Saragih, M. C., Sidabutar, A. D., & Parinduri, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Kursus Gratis Di Smp Swasta Gkps 6 Haranggaol. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 189–198. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55927/Jpmb.V1i4.839

Sari, T. M., Haidar, I., & Alonemarera, A. S. (2022). Bimbingan Literasi Numerasi Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Kepada Siswa Sd Negeri 1 Lamokato. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 800–810.

Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262–3273. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i4.5915

Silitonga, E. A., Simanjuntak, M. R., & Sipayung, T. N. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi-Numerasi Siswa Sekolah Dasar Sebagai Implementasi Kegiatan Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Madaniya, 3(3), 623–636. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53696/27214834.255

Situmorang, A. S., Dalimunthe, R. M. N., Sihombing, L., Manik, B. R., Sinaga, N. W., & Sihotang, E. D. (2022). Peningkatan Pemberian Bimbingan Belajar Gratis Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Pegagan Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 263–270. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55927/Jpmb.V1i5.844

Soheb, M., & Widiyanti, I. S. R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Numerasi Pada Materi Pecahan Kelas Iii Sekolah Dasar. Prosiding Snasppm, 7(1), 373–380. Http://Prosiding.Unirow.Ac.Id/Index.Php/Snasppm/Article/View/1327

Sudirman, S., Yunita, I., Senjaya, A. J., Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66–74. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32938/Jpm.V2i1.556

Syafira, A. T. A., & Aslamiyah, S. (2022). Peningkatan Pemahaman Membaca Berhitung Melalui Literasi Dan Numerasi Pada Siswa. Kreativasi: Journal Of Community Empowerment, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Kreativasi.V1i2.24296

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar Di Sumatera Barat. Journal Of Civic Education, 5(3), 284–292. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Jce.V5i3.725

Xiaomin, L., & Auld, E. (2020). A Historical Perspective On The Oecd’s ‘Humanitarian Turn’: Pisa For Development And The Learning Framework 2030. Comparative Education, 56(4), 503–521. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1080/03050068.2020.1781397

Yesi, Y., Sianturi, T. D. Y., Siburian, S. M., Tobing, R. P., Marbun, D. E., Lestary, A. D., Justinus, C., Purhasanah, E., Kalinsa, K., & Diansyah, E. (2023). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Anak Melalui Program Program Kukerta Desa Pematang Obowe. Jurnal Pengabdian Kita, 6(01).

Yusra, A., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2017). Model Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-Prinsip Belajar Dalam Islam Untuk Meningkatkan Kemanfaatan Ilmu. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 106–112. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jubk.V6i2.21659

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Sari, N. Y. ., Siloto, E. N. T. ., Rajagukguk, Y. W. ., Manik, K. B. ., Nababan, F. T. F. A. ., & Sihombing, S. C. . (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP NUMERASI SISWA SMA NEGERI 4 BINJAI MELALUI BIMBEL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1197–1203. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13003