PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN MEMBERIKAN BIMBINGIN BELAJAR BERBASIS DIGITAL BAGI SISWA SMP SWASTA BAKTI PAROPO 1

Authors

  • Eka Putri Saptari Wulan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Friska Damayanti Sitorus Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Norta Sofany Simanihuruk Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lolita Arjuna Sihotang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Richad Rikky Harry Manullang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ellen S.F Panjaitan Pendidikan Fisika FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Chindhi Manullang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12913

Keywords:

PKM, Bimbingan Belajar, Berbasis Digital

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh untuk melatih mahasiswa untuk menetapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masing- masing sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis dalam dunia pendidikan. Program PkM SMP SWASTA Bakti Paropo 1 yang diawali dengan kegiatan observasi, diskusi antara mahasiswa dengan pihak sekolah, konsultasi program kerja, pelaksanaan program kerja dan pembuatan laporan. PkM di sekolah bertujuan agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami kinerja lembaga kependidikan formal, serta dapat mengembangkan potensi yang dimiliki untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah.     

References

A Said. 1981. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara Azhar

Arsyad. 1997. Media pengajaran. Jakarta : PT Raja grafindo persada Hujair AH. Sanaky. 2009.

Media pembelajaran. Jogjakarta: Safirialinsani press Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sumber online: Syauqi, A. T. (2016).

Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia. https://id.techinasia.com diakses pada 29 mei 2018.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Wulan , E. P. S. ., Sitorus , F. D. ., Simanihuruk , N. S. ., Sihotang, L. A. ., Manullang , R. R. H. ., Panjaitan , E. S. ., & Manullang , C. . (2023). PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DENGAN MEMBERIKAN BIMBINGIN BELAJAR BERBASIS DIGITAL BAGI SISWA SMP SWASTA BAKTI PAROPO 1 . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1178–1181. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12913