BIMBINGAN BELAJAR GRATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DAN MATEMATIKA PADA SISWA/I SMK SWASTA TRI SAKTI LUBUK PAKAM

Authors

  • Monalisa Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rachel Ulita Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Hanna Juni Artika Pane Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bella Saphira Siringoringo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Renata Elisabet Siringo-ringo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Putri Sinta Diana Simamora Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Talenta Br Tanggang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12830

Keywords:

PkM, Bimbingan Belajar, Kursus Gratis, Bahasa Inggris dan Matematika

Abstract

Bimbingan belajar merupakan salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan peserta didik, sekaligus melatih pola pikir siswa untuk bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan lebih banyak lagi. Namun tak semua siswa mampu memperoleh bimbingan belajar ada juga yang tidak dapat menerima bimbingan belajar karna dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk mengatasi masalah itu kami dari tim PkM SMK SWASTA TRI SAKTI Lubuk Pakam mengadakan bimbingan belajar gratis guna meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan Matematika peserta didik.Tujuan dari dari kegiatan PKM ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didk dalam bidang Bahasa Inggris dan Matematika sekaligus mengasah kemampuan peserta didik untuk bisa lebih berkembang lagi. Dari kegiatan ini kami memperoleh hasil peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di SMK SWASTA TRI SAKTI Lubuk Pakam, Hasil rata rata yang kami peroleh sebesar 2,40% - 3,50% kemampuan Bahasa Inggris dan Matematika peserta didik meningkat.

References

Hartatiningsih, D. (2022). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Wordwall Siswa Kelas VII MTS. Guppi Kresnomulyo. Action?: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 303–312. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1443

Hotmaria, H. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview. Journal of Education Action Research, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. 1(1), 128–135.

Romlah, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.

Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., Gabe, Y. W. B., Umam, K., & Sajidah, A. (2022). Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung. Bantenese?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 20–34. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4484

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Siahaan, M. ., Ulita, R. ., Pane, H. J. A. ., Siringoringo, B. S., Siringo-ringo, R. E. ., Simamora, P. S. D., & Tanggang, T. B. . (2023). BIMBINGAN BELAJAR GRATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DAN MATEMATIKA PADA SISWA/I SMK SWASTA TRI SAKTI LUBUK PAKAM . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1172–1177. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12830