KERIPIK IKAN NILA SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN PENDAPATAN WARGA DESA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12824Keywords:
Borong Pa’La’La, ikan nila, keripik, pendapatanAbstract
Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini berorientasi pada peningkatan pendapatan warga Desa Borong Pa’La’La melalui pemanfaatan ikan nila yang pembudidayaannya cukup banyak dilakukan warga di desa tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan kurang lebih 30 hari (sebulan) dan dilakukan bekerja sama dengan pemerintah desa serta beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (kelompok masyarakat pembudidaya ikan nila dan kelompok usaha warga desa Borong Pa’La‘La). Salah satu alasan pembuatan keripik ikan nila ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan pelaku budidaya dan warga desa. Hasil dari PkM ini menunjukkan bahwa modal yang dibutuhkan untuk 10 pcs keripik ikan nila dengan varian rasa (crispy original, keju dan balado) membutuhkan biaya modal sebesar Rp.82.500,00 - dengan harga jual sebesar Rp.100.000,00- maka besaran margin yang dapat dihasilkan = Rp.17.500,00- sehingga untuk setiap pcs keuntungan yang dapat diraih = Rp.1.750,00-. Nilai tersebut diperoleh dari proses uji coba pemasaran dilakukan dengan cara menitipkan keripik tersebut kepada sejumlah warung yang lokasinya di Kota Makassar dan untuk 10 pcs keripik yang terjual maka pemilik warung diberikan biaya penitipan = Rp.6.500,- sehingga pendapatan yang dapat diperoleh warga = Rp.17.500,00 - Rp.6.500,00 = Rp.11.000,00. Hasil tersebut diyakini dapat digunakan sebagai solusi dalam upaya peningkatan pendapatan wargaReferences
Ayuningtyas, C. E., Rahmadewi, Y. M., Budiantoro, A., & Ridha, M. R. (2021). Pemanfaatan Ikan Nila Sebagai Produk Kuliner Khas Ekowisata Bendhung Lepen Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung Vol. 1, 65-74
Januariyansah, S. (2018). Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif Dan Efisien. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nabilla, A. G., & Tuasela, A. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi Di Kota Timika. Jurnal Kritis (Kebijakan, Riset, dan Inovasi), 5(2), 21-40.
Nasution, A. S. I., Basuki, F., & Hastuti, S. (2014). Analisis Kelulushidupan dan Pertumbuhan Benih Ikan Nila Saline Strain Pandu (Oreochromis niloticus) yang di Pelihara di Tambak Tugu, Semarang dengan Kepadatan Berbeda. Journal of Aquaculture Management and Technology, 3(2), 25-32.
Saragih, R. S., & Sinaga, K. (2019). Prospek Pengembangan Kewirausahaan Olahan Ikan Nila Kawasan Danau Toba Di Desa Sirukkungon Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 2(2), 221-230.
Sumarsono, S. (2019). Peningkatan Kualitas Produk Dan Higienitas Proses Produksi Bagi Ukm Keripik Ikan Nila “Sarmila” Di Purwokerto Utara. In Prosiding Seminar Nasional LPPM. 8(1).389-396
Tamara, A. (2016). Implementasi analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk mandiri tabungan bisnis. Jurnal riset bisnis dan manajemen, 4(3).395-406
Taufik, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Ikan Mas Di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 134-138.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Herman Sjahruddin, Suseno Hadi Purnomo, Nurlaely Razak, Ardiansyah Halim, Elyas Albar, Hendriansyah Aras Faqih Maulana, Dedy Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.