PENYULUHAN MASYARAKAT SEHAT DALAM MENCEGAH PENYAKIT DEGENERATIF DAN PARENTING ERA DIGITAL 4.0Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan pendidikan, pemeriksaan kesehatan dan senam sehat untuk mencegah penyakit degenerative sert

Authors

  • Erick Prayogo Walton Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Nurjanah Nurjanah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Silvio Juliana Nabela Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12394

Keywords:

Masyarakat Sehat, Degeneratif, Pengasuhan Era Digital

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan pendidikan, pemeriksaan kesehatan dan senam sehat untuk mencegah penyakit degenerative serta meningkatkat motivasi pendidikan. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pada masyarakat desa Gantung, Belitung Tmur. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Penyuluhan dan kegiatan praktik ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pengertian, manfaat senam sehat mencegah penyakit degenerative dan meningkatkan motivasi pendidikan untuk mencegah angka putus sekolah. Target capaian pada kegiatan ini adalah peningkatan kesadaran masyakarat mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan peningkatan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan menghadapi era digital 4.0 serta kemampuan warga untuk mencegah penyakit degenerative.

References

Andayani (2018). Pola Penyakit Degeneratif, Tingkat Kepuasan Kesehatan dan Kualitas Hidup pada Lansia (Lanjut Usia) di Kota Medan. Talenta Conference Series 01, 142-149.

Amila, dkk. (2021) Deteksi Dini dan Pencegahan Penyakit Degeneratif Pada Masyarakat Wilayah Mutiara Home Care. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 102-112.

Handajani, A., Roosihermatie, B,. Maryani, H. (2010). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pola Kematian Pada Penyakit Degeneratif di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Vol. 13. No. 1. Jakarta: Badan Litbangkes Kemenkes RI.

Notoatmodjo, Soekidjo (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisna, E.M. (2013). Penyakit Degeneratif. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yantina, Y., & Saputri, A. (2019). Pengaruh Senam Lansia terhadap Tekanan Darah pada Wanita Lansia dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarsari Metro Utara Tahun 2018. Jurnal Farmasi Malahayati, 2(1), 112–12.

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Walton, E. P. ., Nurjanah, N., & Nabela, S. J. . (2023). PENYULUHAN MASYARAKAT SEHAT DALAM MENCEGAH PENYAKIT DEGENERATIF DAN PARENTING ERA DIGITAL 4.0Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan pendidikan, pemeriksaan kesehatan dan senam sehat untuk mencegah penyakit degenerative sert. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 621–625. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12394